Festival Film Pelajar Krakatau #2 Tingkat Nasional Tetapkan 3 Juara

Bandarlampung, Warta9.com – Festival Film Pelajar Krakatau (FFPK) #2 2018 digelar Dewan Kesenian Lampung (DKL) berlangsing pada 3-4 Mei 2018. Festival ini mengangjat tema “Pendidikan Karakter”.

DKL telah menyelenggarakan FFPK#2 ‘ 2018. Dari 67 film peserta yang masuk ke panitia telah terseleksi 10 film nominasi FFPK #2’ ‘2018. Film nominasi yang terpilih sebagai pemenang yalah:
Juara I “Liburan” Film karya SMK Pasim Plus Sukabumi Sutradara: Reviani Nur
Juara II ” Adipati” Film karya SMK Yadika Pagelaran Sutradara : Thasya Safela
Juara III “Mimpi” Film Karya SMA-IT Insan Cendikia Boarding School
Sutradara: Nuzul Fadhli Ramadhan

Sedangjan Juara Harapan yaitu; 1. “Sakai Sambayan” Film karya SMK Negeri 1 Gadingrejo Pringsewu Lampung
Sutradara: Hafizh. Juara harapan II “Mama I Need You” Film karya SMK Negeri 5 Bandar Lampung Sutradara: Ok’ Yori Egasi dan harapan III. “My little angle” Film karya SMK Negeri 8 Bandarlampung Sutradara; Gilang D.P.

Selain itu ditetapkan juga Sutradara, Cameraman, Story, dan Editing terbaik, yaitu: Cameraman Terbaik = Film “Nostalgia” Story Terbaik = Film “Liburan” Editing Terbaik = Film “Mimpi”

Sutradara terbaik diraih oleh Ok’ Yori Egasi dari SMKN 5 Bandarlampung. diputuskan pada saat Presentasi Film yang dilaksanakan Tanggal 3 Mei 2018 pukul 20:00 WIB.

Bertindak sebagai dewan juri yaitu: Tomy w Taslim (Dosen Film IKJ), Hermansyah GA (Ketua Parfi Lampung) dan Firdaus Buyung Rusmil (Ketua Komite Film DKL). Budi Meong Saputra (Komite Film DKL) dab Dede Safara (Komite Film DKL). Pada kegiatan FFPK #2 ‘2018 Komite Film dan Litbang Dewan Kesenian Lampung ini juga digelar, Seminar Film Pelajar dengan tema Pendidikan Karakter disampaikan oleh Tommy W. Taslim (Yayasan Forum Film Pelajar Indonesia). Dan Budi Meong Saputra.

Workshop Pembuatan Film Pendek oleh Dede Safara dan Rully (praktisi film Lampung) membahas mulai dari perencanaan, produksi dan pasca produksi film.

Kegiatan seminar dan workshop ini diselenggarakan di penginapan Lamban Nuwono Tasya milik Admi Syarif apresiator seni dan budayawan lampung. Pesertanya meliputi perwakilan krew film 10 nominator berjumlah 50 orang.

“Dewan juri menilai 10 karya film pelajar dengan kriteria: orisinalitas, ide/ceritera, sinematografi, kreatifitas, artistik dan kesesuaian tema,” kata Firdaus Rusmil selaku ketua komite film DKL.

Puncak Acara kegiatan berupa screening/ pemutaran 10 film nominasi di gedung DKL yang akan dihadiri 200 pelajar yang diundang. Dan diakhiri Awarding atau pengumuman dan pemberian hadiah bagi para pemenang. Ada 10 penghargaan Yaitu juara 123 dan juara harapan 1,2,3. Serta penghargaan untuk cerita, sutradara, kameramen dan editor terbaik.

Ketua panitia FFPK#2 2018 Drs.Ch Sapto Wibowo Ketua Litbang DKL menjelaskan bahwa Festival Film Pelajar Krakatau kali ini hanya khusus genre film fiksi pendek durasi max 15 menit dan bertema PENDIDIKAN KARAKTER. Kali ini FFPK#2 ‘ 2018, diikuti 67 karya film berasal dari berbagai daerah. Terdiri 43 film dari prop lampung dan 24 film dari luar provinsi diantaranya Payakumbuh Padang, Jakarta. Sukabumi jabar dan lain-lain.

Seluruh kegiatan FFPK #2 ‘2018 ini telah dirancang sejak 6 bulan yang lalu dan mendapat dukungan dari pemerintah melalui DKL, forum filmpelajar.com dan Pusbangfilm. (W9-jam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.