Jalur SPAN-PTKIN Ditutup, Pendaftar UIN Lampung dari 31 Provinsi

BERI PENJELASAN –Rektor UIN Lampung Prof Mukri dan Wakil Rektor I Dr. Syamsuri Ali memberi penjelasan jalur SPAN-PTKIN yang mendaftar di UIN Raden Intan. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) resmi ditutup pada 3 Maret 2019 pukul 24.00. Dari rekapitulasi tersebut, pendaftar UIN mencapai 16924 yang tersebar atas 31 dari 34 provinsi se-Indonesia.

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung Prof Dr. H. Moh Mukri MAg merespon dengan rasa syukur. “Grafik pendaftar UIN tiap tahun selalu naik. Tahun ini, angkanya cukup spektakuler. Artinya UIN Raden Intan Lampung sudah dikenal masyarakat dari seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Tahun sebelumnya, pendaftar UIN jalur SPAN-PTKIN berjumlah 11974 jiwa. Rektor UIN Prof Mukri mengatakan, perkembangan dan kemajuan di UIN merupakan komitmen dan tanggungjawab bersama. “Ini tidak terlepas dari kinerja kita yang sungguh-sungguh. Orientasi kita (UIN) adalah kualitas,” tambahnya.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr Syamsuri Ali MAg. Menurutnya, peningkatan pendaftar ini sangat signifikan. Ia pun berharap UIN semakin kokoh, unggul dan kompetitif.

Dari provinsi seluruh Indonesia, provinsi yang belum masuk ke dalam pendaftar UIN Lampung yaitu Provinsi Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur dan Maluku. Secara stastistik, UIN Lampung berada dalam 10 besar jalur SPAN-PTKIN dari 58 PTKIN se-Indonesia.

Data terakhir sekolah pendaftar SPAN-PTKIN berjumlah 490 sekolah dari Provinsi Lampung yang diverifikasi. Jumlah ini pun meningkat dari tahun sebelumnya dengan total 330 sekolah.

Dari jumlah pendaftar tersebut, kuota UIN untuk jalur SPAN-PTKIN akan menampung sekitar 2.568 calon mahasiswa. Adapun peminat program studi (prodi) terbanyak, secara tiga besar diantaranya yaitu prodi Perbankan Syariah, Manajemen Bisnis Syariah dan Pendidikan Agama Islam.

Jadwal SPAN-PTKIN selanjutnya yaitu proses seleksi 8 – 22 Maret 2019; pengumuman hasil seleksi 1 April 2019; dan daftar ulang peserta 6-10 Mei 2019.

Selain jalur SPAN-PTKIN, UIN masih memiliki dua jalur masuk yaitu Ujian Masuk (UM) PTKIN dan UM-Lokal (SPMB Mandiri). UM-PTKIN dijadwalkan akan dibuka 2-29 April 2019. Informasi terkait pengumuman hasil SPAN-PTKIN, pendaftaran UM-PTKIN dan SPMB Mandiri akan diumumkan melalui laman www.radenintan.ac.id dan media sosial resmi UIN Raden Intan Lampung. (W9-jam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.