34 Mahasiswa Universitas Teknokrat Ikuti Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kemdikbudristek

Mahasiswa Universitas Teknokrat penerima program MSIB Kemendikbudristek. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Sebanyak 34 mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Sumatera mengikuti Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi mendapat respons positif dari mahasiswa dan pelaku industri, baik perusahaan maupun organisasi.

Tercatat, lebih dari 13.000 mahasiswa dari 1.300 perguruan tinggi mengikuti program MSIB tahap pertama. Pada tahap pertama ini, 110 mitra magang dan 33 mitra MSIB yang mencakup total 1.898 proyek yang dijalankan memperoleh pendampingan dari kurang lebih 3.000 mentor profesional yang berdedikasi.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menjelaskan, pada pelaksanaan MSIB tahap II, ada 12.209 mahasiswa aktif berkegiatan di perusahaan. Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi dari 104.370 mahasiswa yang mendaftar. Kemudian sebanyak 121 mitra lolos dengan rancangan program magang dan studi independen berkualitas tinggi dari 400 lebih perusahaan yang mengumpulkan proposal.

Mendikbudristek mengatakan, program MSIB ini dapat menjadi peluang yang baik bagi perguruan tinggi maupun bagi perusahaan atau organisasi yang tergabung menjadi mitra dalam program MSIB. “Ini adalah win-win solution untuk melahirkan talenta terbaik. Saat ini kita memasuki suatu periode yang begitu dramatis sebenarnya, untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia semua perusahaan Indonesia bisa menjadi mini universitas selama enam bulan dengan full akreditasi 20 SKS dan juga bantuan anggaran dari pemerintah,” ujar Menteri Nadiem pada acara sosialisasi Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) secara daring, Rabu (24/11).

Tahapan bagi perusahaan atau organisasi yang ingin menjadi mitra dalam program MSIB ini ada enam, yakni menetapkan mahasiswa yang terlibat dan kualifikasi, pramagang, orientasi, kerangka projek, bimbingan belajar, serta bimbingan pengawasan. Untuk itu, melalui sosialisasi program MSIB, Kemendikbudristek ingin meluaskan jejaring kemitraan antara perguruan tinggi dengan industri-industri yang membuka peluang bagi mahasiswa untuk melakukan magang maupun studi independen bersertifikat. sumber https://www.kemdikbud.go.id

Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Sumatera, memberikan sosialisasi, fasilitas dan motivasi serta rekomendasai mahasiswa untuk lolos mengikuti Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Universitas Teknokrat Indonesia Kampus Hijau Sang Juara mahasiswanya kembali masuk dalam program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun ini.

Universitas Teknokrat Indonesia kali ini sebanyak 34 mahasiswa dinyatakan lolos Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Mahasiswa FTIK Universitas Teknokrat Indonesia Lolos Program MSIB
Mahasiswa FTIK Universitas Teknokrat Indonesia yang diterima dalam program tersebut dari Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Teknokrat Indonesia dari program studi S1 Informatika, S1 Sistem Informasi, S1 Teknologi Informasi, S1 Teknik Komputer, S1 Teknik Komputer dan S1 Teknik Elektro. Program Magang tersebut ke 14 perusahaan global dan start-up di Tanah Air.

Rexy Fahrezi bangga lolos program MSIB Kemendikbudristek
Dari 34 mahasiswa FTIK Universitas Teknokrat Indonesia, salah satunya mahasiswa yang lolos program MSIB tersebut yakni Rexy Fahrezi dengan IPK 3,83 program studi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia. Rexy menyampaikan sangat bangga karena lolos program MSIB dan dapat merasakan magang program Kemendikbudristek. Rexy ditempatkan magang di Balitbang SDM Kementerian Kominfo Jakarta, mulai magang pada tanggal 11 Februari 2022 sd 11 Juli 2022 dengan nama kegiatan Talent Scouting Academy-The Future of IT Infrastructure and Cybersecurity, Analyst: Cybersecurity Analyst.

Rexy juga menyetujui untuk menjadi peserta Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Tahun 2022 dengan ketentuan: 1) Mahasiswa akan mengikuti Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Tahun 2022 secara penuh dan bertanggung jawab; 2) Mahasiswa sanggup ditempatkan di mitra-mitra Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat di seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan hasil seleksi dan proses konsolidasi antara prodi asal mahasiswa terpilih dengan Mitra Industri yang telah ditetapkan; 3)Mahasiswa sanggup melakukan perjalanan lintas kabupaten/kota/provinsi/negara jika diperlukan sesuai penempatan yang ditetapkan oleh mitra Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat dengan memperhatikan secara ketat protokol kesehatan.

Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM, mengapresiasi pencapaian mahasiswa tersebut. “Ini sebuah kabar yang baik dan menggembirakan bagi sivitas akademika Universitas Teknokrat Indonesia. Program MSIB ini merupakan langkah awal mahasiswa sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya,” ujar Mahathir.

Mahathir berharap semua mahasiswa UTI yang dinyatakan lolos MSIB ini dapat beradaptasi dengan baik dan cepat di lingkungan perusahaan tempat magangnya. (W9-jam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.