Universitas Teknokrat Tuan Rumah Lomba E-Sport Piala Gubernur Lampung  

Bandarlampung, Warta9.com – Menyemarakkan HUT Provinsi Lampung ke-58 tahun, E-Sports Indonesia (ESI) Provinsi Lampung mengadakan perlombaan E-Sport Piala Gubernur Lampung. Universitas Teknokrat Indonesia PTS terbaik ASEAN sebagai tuan rumah.

Perlombaan ESI dibuka oleh Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Lampung Descatama Paksi Moeda, di Gelanggang Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia, Kamis (17/3/2022).

Perlombaan ini diikuti oleh 1.320 peserta dari berbagai daerah di Lampung. Adapun games yang di perlombakan yaitu Free Fire, PUBG, Mobile Legends dan PES (eFootball PES 2021). Perlombaan akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 17-19 Maret 2022. Konsep kegiatan kualifikasi Online dan juga Ofline.

Dalam acara, Kadis Descatama mengucapkan terimakasih atas dukungan Gubernur Lampung, kemudian Pemprov ESI, dan Universitas Teknokrat Indonesia yang telah memfasilitasi tempat dalam perlombaan ESI. Ia berharap kedepan kegiatan ini, dapat terus berlanjut. “Harapan kami kedepan tentunya kegiatan ini akan terus berlanjut,” harapnya.

Kadispora mengharapkan semoga Lampung ada bibit-bibit atlet E-Sport yang unggul, sehingga kedepannya ya dapat membanggakan lampung. “Bibit-bibit yang bisa banggakan nama Lampung,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Harian ESI Lampung Iqbal Ardiansyah sebut dengan adanya perlombaan ini, tentu harus menjadikan potensi game menjadi potensi prestasi. “Sekarang para pemain game, harus melihat potensi prestasi, jangan hanya maen game terus tidak ada tujuannya, berikanlah prestasi dengan mengikuti hal yang positip, seperti ikut lomba bergengsi,” katanya.

Lanjutnya, kepada para pemain untuk terus semangat dan dapat memanfaatkan momentum ini di dalam meraih prestasi.

Menurutnya, gamers tidak hanya untuk mainan saja, namun juga dapat menjadi kebanggaan ya, dengan meraih prestasi dan mengharumkan Lampung. “Manfaatkan momentum untuk meraih prestasi,” pesan Iqbal.

Sementara itu, Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM Nasrullah Yusuf, SE, MBA, selaku panitia penyelenggara dan tuan rumah perlombaan disampaikan Wakil Rektor III UTI Muhamman Najib DS, S.Kom, MT, menyampaikan, tujuan pelaksanaan Turnamen ini yaitu :

1. ESI Lampung Bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung turut ikut memeriahkan hari jadi ke-58 Provinsi Lampung tahun 2022 untuk bersama-sama
bangkit dalam mewujudkan Lampung Berjaya.

2. Turnament ini merupakan ajang kegiatan yang positif untuk mendorong peningkatan prestasi, sekaligus ajang dalam mempererat silaturahim antar pemain.

3. Turnament ini merupakan salah satu program kolaborasi yang di lakukan oleh ESI Lampung bersama dinas pemuda dan olahraga provinsi Lampung dengan tujuan untuk memfasilitasi dan mengakomodasi atlet-atlet ESI Lampung dalam
meningkatkan kualitas dan prestasi, khususnya dalam setiap cabang olahraga elektronik yang berada dalam naungan ESI Lampung.

4. Selain itu juga, pembinaan atlit dalam cabang olahraga elektronik yang selama ini telah kami lakukan perlu ditumbuhkembangkan agar menjadi insan yang kompetitif
baik itu ditingkat Regional, Nasional maupun Internasional. “Karena itu perlu adanya upaya berkelanjutan yang kami lakukan untuk terus mendorong peningkatan prestasi dan memotivasi atlit-atlit ESI Lampung ke arah yang lebih baik guna membangun serta menghasilkan atlit-atlit yang
berkualitas, produktif dan berprestasi,” ujar Aji.

Lebih lanjut Aji mengatakan, turnament ini juga bertujuan untuk menjaring dan mencari bakat calon atlet-atlet Sang Juara yang berkualitas yang nantinya akan dipersiapkan untuk diikutsertakan dalam ajang kagiatan yang sama ditingkat lebih tinggi yaitu tingkat Nasional dalam Indonesia e-SPORT Summit Bali ke-14 dan juga Pekan Olahraga Nasional (PON) mendatang serta IESF World Champhionship ke-14 tingkat Internasional di Tahun 2022 ini dan ASIAN Games
Mendatang.

Disampaikan, bahwa Esport
Indonesia semakin dilirik dan diakui sebagai salah satu cabang olahraga di dunia Internasional. hal ini dibuktikan pada kujuaraan olahraga besar seperti Asian Games 2018, E-Sport Menjadi salah satu cabang olahraga Eksibisi.

Selanjutnya, pada SEA Games 2019 Esport menjadi salah satu cabang olahraga dengan medali. Saat ini Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) menyatakan bahwa Esport secara resmi menjadi cabang olahraga Prestasi. (W9-jam)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.