Lindungi Keberlangsungan Usaha Lokal, Dinas Penanaman Modal-PTSP Kerjasama dengan Dekranasda Beri Pelatihan Perajin/UMKM

Kadis Penanaman Modal PTSP Yudhi Alfadri membuka acara Bimtek perajin/UMKM. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Lampung untuk melindungi keberlangsungan usaha lokal, maka dilakukan Bimbingan Teknis Peningkatan Daya Saing UMKM di Provinsi Lampung yang berlangsung di Swess Belhotel Bandarlampung, Kamis (31/3/2022)

Kegiatan Bimtek yang diikuti sekitar 100 perajin/UMKM yang dilaksanakan oleh Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Penanaman Modal-PTSP) Provinsi Lampung bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung mengambil tema “Digitalisasi UMKM Pada Toko Daring/e-Catalog Market Place”.

Kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Daya Saing UMKM dibuka oleh Kepala Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Lampung Yudhi Alfadri, SH, MM.

Dalam sambutannya, Yudhi Alfadri menyampaikan, bahwa perkembangan ekonomi dunia yang berkembang pesat telah menyebabkan semakin meningkatnya tingkat persaingan guna merebut pangsa pasar dari produk yang dihasilkan.

Kondisi tersebut menjadi suatu fenomena yang harus disikapi oleh pengusaha lokal guna mampu bertahan di tengah gencarnya persaingan usaha baik di tingkat lokal bahkan nasional.

Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Lampung memandang perlu dilaksanakannya pembekalan bagi pengusaha lokal yang ada di Provinsi Lampung untuk mampu terus bertahan bahkan meningkatkan kompetensi nya dalam menyesuaikan permintaan pasar.

Untuk itulah lanjut Yudhi, maka acara Bimbingan Teknis Peningkatan Daya Saing UMKM yang mengambil tema Digitalisasi UMKM pada toko daring e-katalog marketplace ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kepedulian pemerintah Provinsi Lampung untuk melindungi keberlangsungan usaha pengusaha lokal yang ada di Provinsi Lampung.

Tujuan-tujuan acara ini sebagaimana yang diamanatkan oleh Presiden RI agar membeli produk lokal di pemerintah maka UMKM diharapkan mampu menjual produknya pada toko daring yang telah terdaftar pada unit layanan pengadaan Pemprov Lampung.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk komitmen Ibu Ketua Dekranasda Lampung Hj. Riana Sari Arinal yang terus melakukan pembinaan terhadap perajin dan UMKM di Lampung.

Sementara itu, dari Dekranasda Lampung Siti Supartini melaporkan, kegiatan ini diikuti oleh para perajin/UMKM yang bergerak pengusaha berskala kecil hingga menengah di seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung.

Kegiatan ini bertujuan memberikan pembekalan kepada pengusaha kecil hingga menengah yang ada di Provinsi Lampung agar mampu bertahan dan mengembangkan usaha menghadapi ketatnya persaingan dunia usaha di tingkat lokal bahkan nasional. Agar UMKM dapat menjual produknya pada toko daring yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Lampung.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan pengusaha yang ada di provinsi Lampung akan mampu bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Lampung dalam mewujudkan visi rakyat Lampung Berjaya dan misi membangun kekuatan ekonomi masyarakat. (W9-jam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.