KONI Lampung Gelar Rakor Bahas Porprov dan 30 Cabor

Ketua Harian KONI Lampung Hannibal memimpin Rakor KONI membahas pelaksanaan Porprov. (foto : man)

Bandarlampung, Warta9.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan KONI Kabipaten/Kota membahas Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung ke-IX, Kamis (31/3/2022), di Bandarlampung.

Rapat sendiri memastikan pelaksanaan Porprov IX yang rencananya akan berlangsung pada minggu terakhir November 2022. Ini kesimpulan yang dihasilkan dari rapat koordinasi KONI se-Provinsi Lampung di Ruang Rapat KONI Provinsi Gedung Sumpah Pemuda PKOR Way Halim Bandarlampung.

Untuk memutuskan cabang olahraga, masih disepakati sementara 22 cabang olahraga yang sebelumnya dipertandingkan di Porprov VIII/2017 ditambah dengan 8 cabang olahraga baru, sehingga kemungkinan berjumlah 30 cabang. Ini diungkapkan Hannibal, Ketua Harian KONI Lampung, usai memimpin rapat koordinasi tersebut di ruang kerjanya.

“Intinya kita tadi sudah memutuskan untuk kepastian pelaksanaannya di akhir November 2022, dengan cabang olahraga mengacu pada Porprov 2017 sebanyak 22 cabang olahraga. Namun kali ini kemungkinan ditambah sekitar 8 cabang olahraga, yang sudah dilakukan eksibisi di Papua 2021 kemarin.” katanya.

Meski demikian, kata Hanibal, masih akan dilakukan kegiatan lanjutan yakni verifikasi cabang olahraga yang akan dilakukan oleh KONI provinsi Lampung.

“Ini menyangkut keorganisasian. Kan ada yang SK nya masih berlaku, ada yang sudah tidak lagi berlaku. Ada yang juga tidak berkegiatan secara aktif, ini semua akan dipertimbangkan juga. Bisa saja cabor bisa berkurang dari 30, karena adanya verifikasi tadi,” tambahnya.

Sementara itu Wakil ketua I KONI Kabupaten Lampung Barat, Iwan Setiawan mengaku sangat gembira dengan keputusan Porprov ini segera dilangsungkan. “Kami senang ini akan bisa segera digelar. Masalah berapa cabang olahraga yang akan dipertandingkan sangat relatif. Intinya, agar mengacu juga pada prestasi untuk PON yang akan dating. Kami ikut saja apa keputusan KONI Provinsi Lampung,” kata Iwan.

Sedangkan Ketua KONI Tuba Barat Kodari didampingi Bendahara Umum, Alamsyah, menyambut baik Porprov ke-IX ini dan semangat untuk menyiapkan cabang olahraga yang ada di Tubaba. “Kami ada 18 cabang olahraga yang saat ini aktif membina atlet di Tubaba. Dan minimal sebanyak itulah kami bisa mengikuti Porprov nanti.” kata Kodari.

Lebih lanjut Kodari berharap agar kelemahan yang terjadi pada pelaksanaan Porprov sebelumnya, teutama tentang perwasitan dan sebagai agar bisa diminimalisir. “Ya kalau mau sempurna memang sulit, tetapi mari kita kedepankan Sportivitas lah,” ujarnya.

Porprov direncanakan dihelat di minggu keempat November 2022 dengan lama pelaksanaan 9 hari. (W9-ha)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.