BAZNAS Lampung Gulirkan Sejumlah Program di Kampung Zakat

Plt Ketua BAZNAS Lampung Abdurrahman saat meninjau lokasi kandang kambing di Desa Madukoro Baru Kotabumi Utara. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Lampung bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung membentuk Kampung Zakat di Kabupaten Lampung Utara.

Pembentukan Kampung Zakat diawali di Desa Madukoro Baru, Kecamatan Kotabumi Utara Kabupaten Lampung Utara (Lampura) sebagai pilot project program Kampung Zakat BAZNAS. Sejumlah program akan digulirkan di Kampung Baznas guna neningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Sektor apa saja yang dibantu BAZNAS bekerjasama dengan Pemprov Lampung untuk merealisasikan project Kampung Zakat yang merupakan Ide Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Untuk mengetahui lebih detail program apa saja yang digulirkan di Kampung Zakat, berikut penjelasan lebih detail disampaikan Plt Ketua BAZNAS Provinsi Lampung Dr. H. Abdurrahman Harun, MAg, pada Kamis (31/3/2022).

Abdurrahman menjelaskan, Kampung Zakat di Desa Madukoro Baru Lampung Utara terdiri dari enam dusun yaitu; Dusun Sukadamai, Sukajadi, Sukajaya-Sukarukun, Jangkarbumi, Jodipati dan Dusun Plongkowati. Masyarakat sangat senang dengan adanya program kampung zakat.

“Saat kami turun ke lokasi untuk mengecek kandang penampungan sementara bersama Ibu Kadis Peternakan dan Kesehatan Provinsi Lampung semua pamong turun mulai dari Ketua RT, Kadus dan Kades serta BPD sampai Camat Kotabumi Utara turun ikut mendampingi tim. Ini menunjukkan masyarakat dan pamong sangat dan siap mensukseskan program ini,” ujar Abdurrahman.

Para Mustahik di Desa Madukoro Baru ini kata Abdurrahman, akan mendapat bantuan beberapa program antara lain; Bidang Ekonomi meliputi UMKM yang dikelola masyarakat sekitar 16 usaha. Lalu bantuan ternak kambing sebanyak 192 ekor dengan rincian kambing jantan 18 ekor dan betina 174 ekor yang diperuntukkan bagi 87 kepala keluarga.

Kemudian Bidang Dakwah, bantuan untuk 6 orang guru ngaji dan 5 orang imam masjid dan bantun Masjid.

Bidang sosial, memberikan santunan kepada 62 orang lansia. Lalu bidang Kesehatan memberi bantuan BPJS kepada 25 orang dan bantuan kepada disabilitas 31 orang.

Bidang Pendidikan, BAZNAS Provinsi Lampung dalam Kampung Zakat akan memberi bantuan pendidikan sebanyak 72 siswa dan bantuan lainnya.

Lebih lanjut Abdurrahman menyampaikan, program kampung zakat yang digulirkan oleh BAZNAS bersinergi dengan Pemprov Lampung meningkatkan ekonomi masyarakat desa dengan mengintegrasikan aspek dakwah, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan kemanusiaan secara komprehensif yang sumber pendanaannya dari zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya. (W9-jam)

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.