PkM di SMK Nurul Huda Pringsewu, Universitas Teknokrat Beri Pelatihan Design Grafis

Dosen Universitas Teknokrat Indonesia memberi pelatihan design grafis kepada siswa SMK Nurul Huda Pringsewu. (foto : ist)

Pringsewu, Warta9.com – Dunia pendidikan saat ini menjadi salah satu topik hangat untuk diperbincangkan dikarenakan dampak pandemik yang membuat dunia pendidikan semakin menurun dengan tidak terlaksananya pertemuan tatap muka dan kemudian digantikan dengan pertemuan dalam jaringan menyebabkan anak-anak sekolah menjadi tidak menguasai ilmu yang seharusnya didapatkan secara langsung.

Kondisi ini yang melatarelakangi Tim Universitas Teknokrat Indonesia mengadakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMK Nurul Huda Pringsewu.

SMK Nurul Huda merupakan salah satu sekolah swasta yang ada di Kabupaten Pringsewu Lampung. SMK Nurul Huda memiliki 3 Jurusan yaitu Animasi, Keperawatan dan Farmasi dengan jumah siswa secara keseluruhan terdapat 205 siswa. SMK Nurul Huda memiliki berbagai jenis aktifitas akademik dan terus berupaya melaksanakan pelayanan siswa untuk mencetak lulusan yang berkualitas dan professional.

Pada kesempatan kali ini Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer berkolaborasi dengan Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan mengadakan pengabdian kepada masyarakat di SMKS Nurul huda Pringsewu. Tim PKM dari Universitas Teknokrat Indonesia terdiri, Debby Alita, S.Kom., M.Cs, Ade Dwi Putra, M.Kom, Yuri Rahmanto, M.Kom, Dyah Aminatun, M.Pd, Suaidah, M.Kom, dan Permata, S.SI, M.Kom. Selain dosen, tim ini juga melibatkan mahasiswa aktif yakni Rico Dwi Setiawan, Barra dan Silvia Ranti.

Kegiatan PkM sekolah binaan ini dihadiri oleh guru dan siswa SMKS Nurul Huda Pringsewu dan bertemakan “Pembelajaran Design Grafis pada SMKS Nurul huda Pringsewu”. Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu, 23 Maret 2022 meliputi pelatihan bagi siswa-siswi SMKS Nurul Huda Pringsewu yaitu pelatihan design grafis oleh Ade Dwi Putra, M.Kom dan didampingi oleh mahasiswa-mahasiswi Universitas Tenokrat Indonesia.

Target peserta pelatihan yakni, siswa-siswi jurusan multimedia yang memang memiliki background IT dan design sehingga memudahkan pemateri dalam menyampaikan materinya, dan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan adalah 24 peserta kelas 12.

Pelatihan design grafis yang disampaikan merupakan pelatihan membuat pamflet dengan photosop. Pamflet sendiri merupakan suatu mediasi yang beriisikan tulisan serta gambar pada kertas dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Pelatihan ini dinilai sangat penting karena kompetensi dalam membuat design brosur, pamflet, leaflet, poster dan lainnya merupakan kompetensi yang sangat dibutuhkan untuk pekerjaan yang membuthkan publiksi dan promosi.

Kemampuan dalam mendesain brosur akan menjadi suatu keunikan tersendiri dan poin nilai tambahan pada suatu perusahaan yang bergerak dibidang usaha untuk mengelola usahanya. Pamflet dibuat semenarik mungkin untuk menarik perhatian masyarakat karena sebagian besar pamflet digunakan sebagai sarana promosi bagi para pengusaha untuk menyebar luaskan informasi di media sosial dan di tempat-tempat lainnya jika pamflet tersebut dicetak.

Dalam pembuatan pamflet seseorang dituntut untuk mempunyai kreaifitas yang tinggi karena menarik atau tidaknya suatu pamflet tergantung dengan design yang dibuat disertai dengan tulisan-tulisan yang jelas sehingga memudahkan masyarakat dalam memahami maksud dan tujuan dari pamflet.

Bentuk dari pamflet juga beragam ada yang berukuran kecil hingga besar sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pamflet dengan ukuran kecil disebut juga dengan leaflet dan pamflet berukuran besar juga bisa disebut dengan poster. Pamflet disebut dengan ukuran yang standard mudah untuk dicetak bahkan harganya yang relative murah. Akan tetapi saat ini pamflet hanya cukup d share di akun media social karena dipercaya hampir seluruh masyarakat di dunia ini telah memiliki akun media sosial. (W9-jam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.