Kontes Robot Teknokrat, Mahathir : Robot Harus Cerdas Juga

Bandarlampung, Warta9.com – Ratusan siswa dari 20 sekolah di Lampung dan Sumatera Selatan mengikuti Kontes Robot 2018 yang digelar UniversitasTeknokrat Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 5-6 Mei 2018, dibuka oleh Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM. Lomba berjalan meriah diikuti oleh 215 peserta dari 20 sekolah.

Lomba yang diadakan di Gelanggang Mahasiswa kampus setempat, panitia membuat beberapa kategori antara lain, Kontes Line Follower, Robot air dan kategori lainnya.

Sekolah yang ikut lomba antara lain, SMKN 3 Metro, SMA YP Unila, SMKN 2 Bandarlampunh, SMAN 1 Pringsewu, SMA YP Unila dan pluhan sekolah lainnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat Dr. H. Mahathir Muhammad mengatakan, bahwa saatnya generasa muda mengikuti perkembangan teknologi. Sebab di era yang serba smart ini, semua dapat dikendalikan melalui internet.

Karena itu, robot saat ini bukan hanya bisa ikut kontes atau lomba. Tapi robot sekarang harus cerdas. Sebab saat ini robot juga bisa menjadi media atau kawan bagi manusia untuk bertukar pikiran.

“Jadi komputer yang ada sekarang bukan lagi hanya untuk ngetik, grafik apalagi hanya untuk main game. Tapi komputer bisa digunakan untuk mengendalikan teknologi,” ujar Mahathir Muhammad.

Masih menurut Mahathir, perubahan teknologi membuat pola pikir cara dan gaya hidup menjadi berubah. Kegiatan manusia sudah dikendalikan oleh teknologi. Adanya angkutan online, belanja online, tenaga online dan lain-lainnya online secara tidak langsung menjadi tantangan juga bisa menjadi peluang.

“Ini tantangan bagi anak-anak muda. Kalu tidak digunakan dengan baik maka akan dikalahkan oleh derasnya arus teknologi. Karena itu, Universitas Teknokrat sebagai Perguruan Tinggi tetap komitmen memberi pendidikan teknologi kepada sekolah-sekolah seperti kegiatan bidang robotik dan lain-lain,” tambah Mahathir. (W9-jam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.