Melalui PKM, Universitas Teknokrat Bangun Literasi Bahasa Inggris di SMP dan SMA

Bandarlampung, Warta9.com – Universitas Teknokrat Indonesia melaksanakan kerjasama dengan SMP dan SMA di kabupaten/kota untuk membangun literasi masyarakat Lampung melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Tim Pelaksana Program PKM Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) Universitas Teknokrat Indonesia yang dipimpin oleh Achmad Yudi Wahyudin, M.Pd, turun langsung ke SMAN 1 Kota Gajah Kabupaten Lampung Tengah. Tim memberikan pelatihan penulisan dan public speaking Bahasa Inggris kepada siswa di sekolah tersebut pada 3 Agustus 2019.

Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis dan berbahasa Inggris ini berisikan cara membuat naskah cerita pengalaman yang dikemas dalam bentuk pidato.

Program yang melibatkan tidak kurang dari 96 siswa ini disambut baik dan sangat diapresiasi oleh Kepala SMAN 1 Kota Gajah, Drs. H. Dasiyo P., M.Pd. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas Teknokrat Indonesia yang sudah rela datang jauh ke sekolah kami untuk memberikan ilmu yang sangat bermanfaat bagi siswa di Kota Gajah,” tutur Dasiyo.

Ia berharap bahwa program ini dapat terus berlanjut dan dapat terus ditingkatkan di kemudian hari.

Program serupa juga akan dilaksanakan di Kabupaten Lampung Timur tepatnya di tingkat SMP di mana SMP Negeri 2 Sekampung Udik menjadi mitra program Pengabdian Kepada Masyarakat berikutnya.

Ketua Tim Pelaksana PKM FSIP, Achmad Yudi Wahyudin, mengaku senang melihat antusias tim-nya dalam pelaksanaan rangkaian program PKM yang berjalan sampai dengan bulan Januari tahun 2020 tersebut.

“Karena kebetulan dosen di kampus kami muda-muda dan idealis, kami sangat bersemangat terjun ke masyarakat untuk lebih membangun kemampuan Bahasa Inggris di SMP-SMA se-Provinsi Lampung agar mereka dapat menggapai kesuksesan di masa yang akan datang,” tutur Yudi saat wawancara di ruang kerjanya, Kamis (8/8).

Program PKM Teknokrat di Lampung Timur akan lebih mengenalkan teknologi dalam penguasaan Bahasa Inggris. “Kami akan coba menerapkan media pembelajaran bahasa Inggris berbasis web dan multimedia seperti komik digital dan sosial media untuk memotivasi siswa untuk dapat lebih giat mempelajari Bahasa Inggris,” ujar Yudi dosen yang meraih penghargaan sebagai dosen teladan bidang Sosial Humaniora se-Sumbagsel ini.

Kegiatan yang didukung oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti RI ini mendapat sambutan yang baik dari Kepala SMAN 2 Sekampung Udik Lampung Timur, Drs. Maridi, M.M.Pd. “Kami sangat menyambut baik program ini dan sangat senang semoga kegiatan ini dapat berlangsung dengan sukses,” tuturnya.

Sebagai informasi, Universitas Teknokrat Indonesia juga tidak hanya menyelenggarakan program PKM, namun juga menyediakan beasiswa bagi para siswa yang berprestasi tapi kurang mampu di daerah. Hal ini sejalan dengan visi Teknokrat untuk menyediakan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi seluruh masyarakat Provinsi Lampung. (W9-jam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.