Pramuka Garuda, Kader Pemimpin Bangsa Masa Depan

Bandarlampung, Warta9.com – Pramuka Garuda merupakan jenjang tertinggi dalam keanggotaan Gerakan Pramuka di setiap tingkatan. Oleh karenanya, tidak salah Pramuka Garuda merupakan Kader Pemimpin Bangsa di masa mendatang.

Demikian dikatakan Ketua Harian Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Lampung Zainuri, pada Pembukaan Gathering Pramuka Garuda dan Purna Pramuka Garuda, Sabtu (22/9/2018), di Graha Bakti Pramuka Lampung.

Sementara itu, Ketua Panitia Maman Suryaman menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya memberi motivasi kepada Pramuka. Ini dilakukan untuk mencapai Pramuka Garuda melalui perkumpulan ATAS, bertema Pembinaa Pramuka di Era Milenial, dengan slogan Setia-Siap-Sedia.

ATAS adalah Asosiasi Pramuka Garuda Dunia (WOSM’s Association of Top Achiever Scouts), merupakan asosiasi Pramuka dengan predikat atau golongan tertinggi di seluruh dunia. Pada awalnya, ATAS dibentuk sebagai organisasi untuk mempersatukan Pramuka dengan golongan tertinggi di wilayah Asia Pasifik, saat Asia-Pasifik Regional Scout Conference ke 21 di Brunei Darussalam 2004. Tepatnya, 10 Desember 2004, sebanyak 41 Pramuka dari 16 negara peserta 21st APR Scout Conference sepakat untuk membentuk ATAS.

Organisasi ini bertujuan memperkuat persuadaraan anggota serta melanjutkan hubungan yang kuat antar sesama anggota seluruh dunia, membantu serta mendukung tugas kerja Gerakan Pramuka dari seluruh dunia. Lalu membangun hubungan yang kuat sesama anggota dalam rangka saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Di Indonesia organisasi ATAS dikelola oleh Kak Rio Ashadi sebagai ATAS Coordinator for Indonesia dan Kak Ari Wijanarko sebagai Executive Secretary ATAS Indonesia. Dalam Gathering Pramuka Garuda dan Purna Pramuka Garuda menampilkan Prof. Dr. Wan Abbas Zakaria, Nurman Ardian, dan Mubasit sebagai narasumber.

Dalam paparannya Wan Abbas Zakaria mengingatkan bahwa Pramuka Garuda adalah orang-orang pilihan dan terbaik. Hal ini sejalan dengan firman Allah SWT bahwa manusia adalah khalifah yang tidak saja sebagai hamba Allah SWT memimpin, mengelola bumi dengan segala isinya sehingga tetap terjaga kelestarian dan kemanfaatan bagi seluruh makhluk di bumi ini.

Ada enam sifat pemimpin terintegrasi yaitu berpikir jangka panjang; melihat keluar, organisasi yang lebih besar; mempengaruhi orang lain selain kelompoknya. Menekankan pada visi, nilai dan motivasi, cerdik dalam melihat situasi; berfikir dalam konteks perubahan dan pembaharuan.

Dalam kegiatan ini dibentuk kepengurusan ATAS Indonesia Sub Chapter Lampung, terpilih Mubasit sebagai Ketua ATAS Lampung, Nurman Ardian sebagai Wakil Ketua, Maman Suryaman sebagai Sekretaris dan Desti sebagai Bendahara. (W9-jam)

Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.