oleh

Reihana : BOR di Provinsi Lampung Turun, Oksigen Medis Perlu Pasokan

Kadiskes Lampung Reihana, disamping Sekdaprov Fahrizal Darminto menyampaikan laporan dalam rapat konsolidasi penanganan Covid-19 yang dipimpin Gubernur Arinal Djunaidi. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Kepala Dinas Kesehatan Dr. dr. Reihana, MKes pada rapat yang dipimpin Gubernur Arinal Djunaidi bersama bupati/walikota, Senin (26/7/2021), menyampaikan kondisi terkini penanganan Covid-19.

Dilaporkan Reihana, secara umum Bed Occupancy Rate (BOR) per tanggal 25 Juli 2021 terjadi penurunan yang cukup signifikan yaitu sebesar 76,78 % yang sempat mencapai angka 86 % pada minggu sebelumnya.

Terkait pemenuhan kebutuhan obat dan oksigen, medis Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya untuk melakukan pemenuhannya dengan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat. Pasokan oksigen medis saat ini di Provinsi Lampung masih harus mengupayakan penambahan dan telah ditempuh upaya melalui bantuan dari berbagai pihak.

PT. Pusri menyatakan siap mendukung oksigen medis dengan kapasitas 3 Ton per hari atau setara 500 tabung, sementara PT. Natarang Mining siap mendukung pemenuhan oksigen medis dengan kapasitas produksi 2 ton per hari, PT. Bumi Waras siap mendukung pemenuhan oksigen medis sebanyak 4 ton perhari, PT. Aneka Gas Industri (Samator) siap mendukung pemenuhan oksigen medis namun sangat memerlukan bantuan penyediaan tabung untuk dapat menyalurkannya, PT. Lampung Gas mendukung oksigen medis sebesar 6 ton perhari, Krakatau Steel sebanyak 200 tabung/hari dan PT. Buana Cipta Niaga mendukung suplai oksigen sebesar 4 ton per hari.

Namun terkait masalah ketersediaan oksigen medis, beberapa perusahaan mengharapkan dukungan pemerintah Provinsi Lampung untuk dapat mendorong pemerintah pusat terkait pemenuhan bahan baku oksigen medis berupa liquid oksigen, mengingat kapasitas Isotank untuk menampung liquid oksigen cukup tersedia.

Kabupaten/Kota mengharapkan agar bantuan oksigen dapat direalisasikan dalam bentuk tabung portable sehingga dapat langsung digunakan.

Dalam waktu dekat direncanakan Gubernur Arinal akan meninjau dan mengecek secara langsung beberapa instalasi penyedia Gas oksigen yang ada di Wilayah Provinsi Lampung. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed