oleh

Buka Festival Kemilau Tapis Lampung, Gubernur Arinal Ingatkan Tapis untuk Adat Tidak Berubah

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memegang kantong baju berhias Tapis. Dengan harapan kedepan baju seragam ASN Pemprov Lampung dimodifikasi dengan adanya kain tapis. (foto : Ari)

Bandarlampung, Warta9.com – Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi membuka Festival Kemilau Tapis Lampung 2021, di Hotel Sheraton, Rabu (24/11/2021). Pembukaan ditandai dengan pemukulan Burdah oleh Gubernur Arinal, Wakil Ketua DPRD Elly Wahyuni, Ketua Dekranasda Riana Sari Arinal dan Desainer Didiet Maulana serta anggota Forkopimda.

Hadir dalam pembukaan Festival Kemilau Tapis antara lain, Wakil Ketua DPRD Lampung Elly Wahyuni, Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari Arinal, Kadiskop dan UMKM Samsurizal, Desainer Didiet Maulana dan Nola Marta, anggota Forkopimda, Bupati/Walikota dan sejumlah Pejabat Pratama Tinggi, perwakilan Bank Indonesia, BRI dan Bank Lampung.

Kegiatan ini digelar oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung direncanakan menggelar Festival Kemilau Tapis Lampung 2021.

Festival Kemilau Tapis Lampung 2021, diselenggarakan pada 24-26 November 2021, bertempat di Hotel Sheraton Bandarlampung.

Gubernur Arinal berpesan agar kedepan Festival Kemilau Tapis jangan lupa Tumpal dan Kikat juga diikut sertakan. Tapis semakin populer, Tapis semakin maju dengan gencarnya kegiatan Dekranasda Lampung yang diketuai oleh Riana Sari Arinal. Gubernur Arinal juga berpesan agar Tapis untuk adat tidak berubah. Tapi, yang lainnya bisa dilakukan inovasi sehingga Tapis mudah dikenakan masyarakat.

Gubernur Arinal juga mendorong untuk memajukan UMKM dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam memasarkan produk. Gubernur juga akan membantu UMKM dengan melakukan loby dengan Menteri Koperasi. Tapi, Gubernur Arinal berharap Tapis Lampung dan produk-produk UMKM unggulan harus maju.

Kadiskop dan UMKM Provinsi Lampung Syamsurizal, dalam laporannya menyampaikan,
Festival Tapis diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, UMKM binaan Dekranasda, Binaan BI, Bank Lampung dengan menampilkan hasil kerajinan Tapis dengan ciri khas masing-masing kabupaten/kota.

Festival Kemilau Tapis Lampung 2021 bertujuan memberi ruang promosi bagi produk-produk Tapis Khas Lampung dan lebih memperkenalkan Tapis kepada masyarakat luas.

Dalam Festival Kemilau Tapis digelar pelatihan Tapis (coaching clinic) dengan tema Transformasi Tapis dari produk budaya menjadi produk ekonomis, peragaan busana, edukasi Tapis yang akan diikuti pelajar dan mahasiswa dan direncanakan Ketua Dekranasda Provinsi Lampung akan menjadi salah satu edukator pada kegiatan tersebut. Kemudian Talkshow temu bisnis tapis dan UKM yang akan diselenggarakan secara hybrid, dan Lelang produk Tapis secara hybrid. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed