Hari Lahir Teknokrat, Kini Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik di Sumatera dengan Segudang Prestasi

Gedung utama kampus Universitas Teknokrat Indonesia. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Hari ini, 19 Februari 1986 lahirnya Teknokrat yang sekarang telah menjadi Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Sumatera, Kampusnya Hijau Sang Juara, menjadi kampus dengan segudang prestasi regional dan nasional.

Yayasan Pendidikan Teknokrat yang didirikan oleh Dr. HM Nasrullah Yusuf, SE, MBA, tokoh pendidikan di Lampung ini, 36 tahun silam tidak menyangka berdiri dari nol yang dirintis dari lembaga kursus dan menjilma menjadi Universitas Teknokrat Indonesia berdiri megah di tengah Kota Bandarlampung.

Universitas Teknokrat Indonesia berawal dari nama dengan menggunakan nama “Kursus dan Bimbingan Technocrat” atas izin Depdikbud (Depdiknas) Propinsi Lampung. Lembaga ini didirikan oleh Nasrullah Yusuf dengan bermodalkan sebuah motor bekas merk Bajaj yang dijual Rp 1.600.000.

Program yang diselenggarakan pada awal pendiriannya masih terbatas pada kursus Bahasa Inggris, Akuntansi, Bimbingan Belajar, dan Mengetik Manual. Warga Belajar pada waktu pertama kali dibuka bulan Maret 1986 terdiri dari 32 warga belajar Bahasa Inggris (2 kelas), 22 warga belajar Akuntansi, dan 8 warga belajar mengetik manual. Pada bulan Mei 1986 Bimbingan Belajar dimulai dengan jumlah 35 peserta. Tenaga pengajar pada saat itu hanya dua orang yaitu Nasrullah Yusuf sendiri yang mengajar Bahasa Inggris, Akuntansi, Mengetik, Bimbingan Belajar dan merangkap tata usaha, serta Ny. Hernaini Nasrul mengajar Bahasa Inggris dan mengetik manual.

Pada tahun 1995 Kursus dan Bimbingan Technocrat berganti nama dalam rangka Indonesianisasi menjadi Lembaga Pendidikan Teknokrat. Lembaga ini membawahi dua departemen yaitu Departemen Kursus dan Bimbingan, serta Departemen Lembaga Pendidikan Bisnis dan Manajemen.

Lembaga Pendidikan Bisnis dan Manajemen berupaya untuk terus mengembangkan program-program pendidikannya. Pada tahun 1996, Program Pendidikan Satu Tahun Teknokrat memulai proses pembelajarannya. Sampai saat ini Program Pendidikan Satu Tahun Teknokrat menyelenggarakan Program Pendidikan Satu Tahun Siap Kerja ECOMTEC (english computer tecnology information), Komputer Akuntansi, Komputer Desain Grafis, Komputer Sekretaris, dan Bahasa Inggris.

Dari perkembangan yang pesat dan prestasi-prestasi yang telah diraih Lembaga Pendidikan Teknokrat, Lembaga ini berusaha untuk meningkatkan peran sertanya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendirikan Perguruan Tinggi Teknokrat pada tahun 2000. Perguruan Tinggi ini terdiri dari tiga institusi, yaitu Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Teknokrat, Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Teknokrat dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Teknokrat, Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Teknokrat telah mendapatkan ijin operasional dan status badan hukum pada tanggal 25 April 2000 serta status terdaftar di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 48/D/0/2000. STBA Teknokrat memiliki satu program studi strata satu yaitu Sastra Inggris dan dua program studi diploma tiga, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. Sejak tahun 2003 hingga saat ini ketiga program studi yang ada di Sekolah Tinggi Bahasa Asing Teknokrat telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Teknokrat telah mendapatkan ijin operasional dan status badan hukum pada tanggal 9 Juni 2000 serta status terdaftar di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 92/D/O/2000. AMIK Teknokrat memiliki tiga program studi Diploma Tiga yaitu Komputerisasi Akuntansi (KA), Manajemen Informatika (MI) dan Teknik Komputer (TK). Terhitung sejak tahun 2003 hingga saat ini ketiga program studi tersebut telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Teknokrat telah mendapatkan ijin operasional dan status badan hukum pada tanggal 8 Februari 2001 serta status terdaftar di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional dengan Nomor: 13/D/O/2001. STMIK Teknokrat memiliki dua Program Studi Strata Satu yaitu Teknik Informatika (TI) dan Sistem Informasi (SI). Kedua program studi tersebut telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Dalam rangka meningkatkan sumbangsih Yayasan Pendidikan Teknokrat dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, pada tahun 2015 Yayasan Pendidikan Teknokrat berinisiatif untuk meningkatkan kapasitas institusi ketiga lembaga pendidikan tinggi (STBA-AMIK-STMIK Teknokrat). Pada tahun 2015 Yayasan Pendidikan Teknokrat mengajukan usul kepada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk menggabungkan ketiga lembaga pendidikan tinggi yang diselenggarakan dan berubah bentuk menjadi universitas. Usaha dan kerja keras Yayasan Pendidikan Teknokrat akhirnya mendapatkan hasil dengan direstuinya penggabungan STBA-AMIK-STMIK Teknokrat menjadi Universitas dengan nama Universitas Teknokrat Indonesia dengan Surat Ketetapan Nomor 494/KPT/I/2017 tanggal 18 September 2017.

Universitas Teknokrat Indonesia menyelenggarakan 3 fakultas meliputi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer menyelenggarakan program studi: S1 Informatika; S1 Sistem Informasi; S1 Teknik Elektro; S1 Teknik Komputer; S1 Teknik Sipil; S1 Teknologi Informasi; D3 Sistem Informasi; D3 Teknik Komputer; dan D3 Sistem Infromasi Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis menyelenggarakan program studi S1 Manajemen dan S1 Akuntansi. Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan menyelenggarakan program studi: S1 Sastra Inggris; S1 Pendidikan Matematika; S1 Pendidikan Olahraga; dan S1 Pendidikan Bahasa Inggris.

Visi
Universitas Teknokrat Indonesia dalam kiprahnya telah menetapkan visi sebagai cita-cita luhur yang akan dicapai dalam mengemban tugas Pendidikan Nasional. Visi Universitas Teknokrat Indonesia 2030 adalah:
“Menjadi universitas unggul di Indonesia pada 2030 yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.”

Misi
Visi tersebut akan dicapai melalui suatu misi yaitu :
1. Menyelenggarakan dan mengembangkan program pendidikan tinggi yang profesional, bermutu, kreatif, dan inovatif;
2. Melaksanakan riset untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang bermanfaat bagi masyarakat;
3. Mengembangkan pusat layanan dan kerjasama inovasi untuk menghasilkan produk terapan yang berdaya saing;
4. Memperkuat manajemen berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam menumbuhkembangkan suasana akademis yang kondusif menuju Good University Governance (GUG) berstandar internasional.

Tujuan
Visi dan misi yang dikembangkan bertujuan sebagai berikut:
1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi unggul;
2. Meningkatkan jumlah riset terapan berdaya saing dan menyebarluaskan karya ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang terdiseminasi dalam kehidupan masyarakat;
3. Meningkatkan jumlah layanan dan kerjasama inovasi sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat;
4. Menguatkan sistem manajemen berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai Good University Governance (GUG) berstandar internasional.

Sasaran
Dalam rangka turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa di era globalisasi, Universitas Teknokrat Indonesia menetapkan sasaran sebagai berikut:
1. Tercipta dan terlaksananya sistem pendidikan tinggi berstandar mutu nasional dan internasional di Universitas Teknokrat Indonesia sehingga mampu menghasikan lulusan unggul dengan kompetensi tinggi yang berwawasan global;
2. Tercipta dan terlaksananya sistem riset berstandar mutu nasional dan internasional di Universitas Teknokrat Indonesia sehingga mampu menghasilkan ilmu pengetahuan, teknologi terapan, dan seni yang dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan untuk menjadi rujukan bagi masyarakat luas;
3. Tercipta dan terlaksananya suatu sistem pengabdian kepada masyarakat melalui layanan dan kerjasama inovasi (riset) berdaya saing yang berkesinambungan;
4. Tercipta dan terlaksananya sistem informasi manajemen yang mendukung tata kelola perguruan tinggi yang baik, efisien, efektif, transparan, dan akuntabel dengan standar internasional.

Berikut Prestasi yang telah diraih:
1. PTS TERBAIK SUMATERA – WEBOMETRIK & UNIRANK
2. PTS TERBAIK SUMATERA – UI GREENMETRIC WORLD UNIVERSITY AWARDS KAMPUS HIJAU
3. AKREDITASI INSTITUSI BAIK SEKALI
4. PRESTASI MAHASISWA INTERNASIONAL DAN NASIONAL
5. PRESTASI DOSEN INTERNASIONAL DAN NASIONAL
6. ALUMNI SIAP KERJA SESUAI DENGAN KEBUTUHAN DUNIA KERJA. (W9-jam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.