Mahasiswa Universitas Teknokrat Lolos Program MSIB Kemendikbudristek di Balitbang SDM Kementerian Kominfo

Rexy Fahrezi mahasiswa FTIK lolos program MSIB Balitbang Kementerian Kominfo. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Sebanyak 34 mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) Kampus Hijau Sang Juara kembali masuk dalam program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun ini.

Dari 34 mahasiswa FTIK Universitas Teknokrat Indonesia, salah satunya mahasiswa yang lolos program MSIB tersebut yakni Rexy Fahrezi dengan IPK 3,83 program studi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia. Rexy menyampaikan sangat bersyukur karena lolos program MSIB dan dapat merasakan studi independent program Kemendikbudristek.

Rexy mendapat kesempatan studi independent di Balitbang SDM Kementerian Kominfo Jakarta mulai pada tanggal 11 Februari 2022 sampai dengan 11 Juli 2022 dengan nama kegiatannya Talent Scouting Academy – The Future of IT Infrastructure and Cybersecurity, Analyst: Cybersecurity Analyst.

Dalam program studi independent Kemendikbudristek Rexy panggilan akrabnya, akan mempelajari 6 modul materi yakni 1) Introduction to Cybersecurity; 2) Cybersecurity Essentials; 3) Networking Essentials; 4) CyberOps Associate; 5) Network Security; dan 6) Cloud Security. Selanjutnya dalam studi independent ini sistem pembelajarannya bersama mentor dari Kementerian Kominfo menggunakan aplikasi Webex Online Meeting.

Tidak hanya itu, di dalam pembelajarannya juga dilakukan secara mandiri dengan menggunakan aplikasi LMS Netacad Cisco. “Untuk setiap minggunya ada tugas dari mentor yakni praktik serta quiz yang harus dikerjakan untuk menambah dan menguji pemahaman terkait materi yang dipelajari,” ujar Rexy yang sekarang akan masuk di semester 8.

Rexy berharap, selama mengikuti studi independent di Balitbang SDM Kementerian Kominfo Jakarta ingin menimba ilmu yang sebanyak-banyaknya terutama dibidang Cybersecurity, sehingga nantinya dapat terjun di dunia industri sebagai IT Security Professional dengan pengalaman yang didapatkan serta sertifikasi internasional yang sangat Rexy inginkan.

Prestasi Rexy
Dalam kesibukanya di kampus, Rexy masih sempat mengikuti unit kegiatan mahasiswa Programming Teknokrat, sehingga Rexy mempunyai prestasi dalam bidang IT. Berikut prestasinya Rexy, masuk dalam kejuaraan Networking Competition Techphoria 2020 dan Juara 2 Networking Competition di kegiatan Techphoria 2021 oleh Universitas Sriwijaya. Pada perlombaan Networking Competition ini peserta ditantang untuk melakukan konfigurasi dan troubleshooting pada soal dan topologi jaringan komputer yang diberikan oleh panitia menggunakan cisco packet tracer.

Masih ada lagi prestasinya yakni peraih 1 Gold Medali pada perlombaan Arubalympics 2020 yang diadakan oleh perusahaan Aruba Networks, pada perlombaan ini peserta akan diberikan materi dan ada ujian quiz diakhir materi setiap harinya, Rexy berhasil mendapatkan 1 medali emas pada hari ke-3 di Arubalympics ini.

Dalam Kompetisi Komunitas Siber Indonesia 2019 (KKSI2019) oleh TNI-AD dan Finalist GEMASTIK 13 Cybersecurity 2020 oleh Telkom University, pada perlombaan ini peserta ditantang untuk menemukan celah keamanan dan mencoba untuk melakukan eksploitasi terhadap celah keamanan tersebut untuk mendapatkan poin, sehingga tiap tim akan memperebutkan poin terbanyak untuk menjadi pemenangnya.

Juara 1 Programming Competition EXPO Teknokrat 2022, perlombaan ini mengharuskan peserta untuk membuat dan menemukan solusi terbaik untuk memecahkan permasalahan yang diberikan dalam bentuk kode program. Yang selanjutnya Rexy telah menemukan celah keamanan di Website dengan nama “trakteer.id”, dan telah dilaporkan ke timnya Website tersebut. Lalu Rexy diberikan apresiasi berupa sertifikat dan merchandise oleh tim trakteer.id., cerita Rexy.

Wakil Rektor UTI Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM, mengapresiasi pencapaian mahasiswa tersebut menjadi salah satu peserta yang lolos dalam program studi independent di Balitbang SDM Kementerian Kominfo Jakarta. Mahathir berharap semua mahasiswa UTI yang dinyatakan lolos MSIB dapat menimba ilmu dalam bidang IT yang nantinya dapat terjun kedunia kerja/industri dengan profesional. (W9-jam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.