PkM Universitas Teknokrat Beri Pelatihan Public Speaking Siswa SMA Teladan Way Jepara

Dosen Universitas Teknokrat Indonesia menyampaikan materi di depan siswa SMA Teladan Way Jepara. (foto : ist)

Lampung Timur, Warta9.comUniversitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik ASEAN Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) Program Studi Sastra Inggris melaksanakan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Sekolah Binaan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Teladan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, beberapa waktu lalu.

SMA Teladan Way Jepara terletak di Jalan Pramuka Labuhan Ratu, Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur, jarak tempuh kurang lebih dua jam dari Universitas Teknokrat Indonesia.

Tim PkM Universitas Teknokrat Indonesia Kampus Hijau Sang Juara ini diketuai oleh Dina Amelia, M.Hum, bersama dengan anggota lainnya yakni, Samanik, M.Hum, Budi Eko Pranoto, M.Hum, Ingatan Gulo, M.Hum, dan Suprayogi, M.Hum. Tidak hanya Dosen tetapi mahasiswa pun terlipat dalam PkM ini. Dua mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini yakni, Risma Amalia Sa’adah dan Bagas Maulana. Keduanya merupakan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Teknokrat English Club dan sebagai mahasiswa prestasi Universitas Teknokrat Indonesia.

Tim PkM dari Program Studi Sastra Inggris memberikan pelatihan Public Speaking bagi siswa SMA Teladan Way Jepara Lampung Timur, khususnya pelatihan pidato berbahasa Inggris. Kegiatan ini sesuai dengan kebutuhan siswa SMA Teladan Way Jepara Lampung Timur saat ini mengingat penguasaan bahasa Inggris semakin hari semakin dibutuhkan.

Disamping itu, pelatihan seperti ini masih terbatas dilaksanakan sementara itu siswa memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Dalam kegiatan ini, Samanik, M.Hum, menjadi pemateri utama yang menjelaskan bahwa public speaking saat ini diperlukan oleh siapa saja baik ketika menjadi siswa, mahasiswa ataupun bekerja. “Kita belum terbayang akan pekerjaan apa nanti yang akan kita peroleh, namun di era globalisasi ini kita akan menghadapi banyak situasi dimana kita bertemu banyak orang, termasuk di dalamnya orang-orang dari negara lain. Karena itu, mempunyai skill Bahasa Inggris sangat diperlukan,” ujar Samanik.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara interaktif dengan materi yang mudah diterima oleh siswa SMA Teladan Way Jepara Lampung Timur dengan sesi kelompok yang dipandu oleh dosen dan mahasiswa. Siswa diarahkan untuk menyampaikan topik sederhana yang kemudian menjadi pidato bahasa Inggris yang percaya diri dan berkesan. Siswa SMA Teladan sangat antusias mengikuti pelatihan public speaking ini.

Program PkM ini dibuka secara langsung oleh Kepala SMA Teladan Way Jepara Lampung Timur Riyanto, SE. Dalam sambutannya, Riyanto menyampaikan bahwa SMA Teladan Way Jepara telah melahirkan lulusan yang saat ini telah berkiprah sampai pendidikan doktor dan bekerja di instansi ternama. Hal ini diharapkan memberikan pemantik semangat bagi siswa untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi serta percaya diri dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Program PKM ini merupakan kegiatan rutin di setiap semester yang diselenggarakan oleh Program Studi Sastra Inggris FSIP Universitas Teknokrat Indonesia sebagai wujud konsistensi penyelenggaraan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM, menyampaikan, Universitas Teknokrat Indonesia sangat mendukung pengembangan minat bakat siswa sehingga dapat lebih siap dalam melanjutkan ke Perguruan tinggi dan era global. Karena itu, kampus terus mendorong para dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu ; Pendidikan dan pengajaran, Penelitian dan pengembangan dan Pengabdian kepada masyarakat. (W9-jam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.