Anggota DPR RI Hanan Rozak Serahkan Bantuan 2 Mesin Pembuat Pakan Ikan ke Ponpes Al Munafarijah

Anggota DPR RI Hanan A Rozak menyerahkan bantuan mesin pembuat pakan ikan kepada pimpinan Ponpes Al Munafarijah Tulangbawang. (foto : ist)

Tulangbawang, Warta9.com – Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Lampung 2, Ir. H. Hanan A Rozak, MS, menyerahkan bantuan dua unit Mesin pembuat pakan ikan kepada Pondok Pesantren Al-Munafarijah Tulung Bohou Kampung Bujung Tenuk Kabupaten Tulangbawang. Bantuan diterima langsung oleh Pengasuh Pondok Kiai Ahamad Al-Habib, Sabtu (26/3/2022).

Hanan A Rozak anggota DPR RI dari Partai Golkar ini melakukan kunjungan kerja sekaligus silaturrahmi ke Ponpes Al Munafarijah.

Dalam kesempatan ini, Hana A Rozak menyerahkan bantuan aspirasi berupa dua unit mesin pembuat pakan ikan Tahun Anggaran 2022. Kapasitas mesin pembuat pakan ikan berkemampuan 200 Kg/jam.

Hanan A Rozak, menyampaikan bahwa kehadirannya di Ponpes Al Munafarijah untuk melakukan silaturrahmi dengan pimpinan pondok dan keluarga besar pondok Al Munafarijah, sekaligus menyerahkan bantuan dua unit mesin pembuat pakan ikan. “Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik mukin. Bisa menambah pertumbuhan ekonomi Pondok Pesantren Al-Munafarijah,” ujar Hanan juga mantan Bupati Tulangbawang ini.

Hanan juga menyarankan agar pengasuh Ponpes Al Munafarijah dapat berkordinasi dengan Dinas Perikanan Tulangbawang supaya mendapat penyuluhan dengan baik.

Program bantuan ini dari pemerintah pusat diturunkan ke Kabupaten Tulangbawang, karena potensi Budi daya ikan tawar di daerah cukup bagus. Ini dapat dilihat budaya masyarakat Tulangbawang yang suka nyeruit makanan khas Lampung.

Sementara itu, pengasuh Pondok Pesantren Al Munafarijah Kiai Ahmad Al-Habib mengucapkan terimakasih kepada anggota DPR RI Hanan A Rozak atas kunjungnya dan memberikan bantuan berupa 2 unit mesin pembuat pakan ikan. “Semoga bantuan yang diberikan, bisa bermanfaat dan menambah produksi semakin meningkat dan pertumbuhan perekonomian semakin baik,” kata Ahmad Al Habib.

Ahmad Al Habib menyampaikan bahwa Podok Pesantren yang dia asuh memiliki 14 kolam yang luasnya 3/4 hektar dengan berberapa jenis ikan air tawar. Akan tetapi, kendalanya selama  yaitu terbentur pakan, sampai saat ini belum maksimal produktifnya, modal sangat terbatas sehinga produksi sangat minim.

Pada Tahun 2019, ia mengajukan proposal ke Dinas Perikanan Tulang bawang. “Alhamdulilah aspirasi kami melalui Bapak Hanan A Rozak bisa terujud. Ini sebuah amanah untuk kami jaga dan  menfaat semaksimal mukin, terutama pondok pesantren. Kami ingin belajar mandiri dan membentuk perekonomian sehingga tidak tergantung dengan orang lain. Kegiatan perikanan ini bisa kami wujudkan melalui kelompok Pokdakan Ponpes Al-Munafarijah.

Pokdakan Ponpes Al-Munafarijah Tulangbawang pengurus dan  anggotanya santri Pondok Al-Munafarijah sudah berjalan sejak tahun 2021 sampai dengan sekarang. “Semoga dengan adanya bantuan mesin pembuat pakan Ikan yang diserahkan oleh Pak Hanan pada hari ini, usaha perikanan kami meningkat sehingga berdampak pada ekonomi pondok pesantren,” kata Ahmad Al Habib. (W9-jam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.