89 Siswa SMAN 9 Bandarlampung Diterima di Perguruan Tinggi Negeri Jalur SNMPTN

Linda Krisnawati, Kepala SMAN 9 Bandarlampung.

Bandarlampung, Warta9.com – Jumlah siswa SMA Negeri 9 Kota Bandarlampung yang di perguruan tinggi negeri melalui jalur undangan atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2022, sebanyak 89 orang.

Kepala SMAN 9 Kota Bandarlampung
Linda Krisnawati, MPd, saat dimintai keterangan, Rabu (30/3/2022), mengatakan, total siswa SMAN 9 Bandarlampung yang diterima melalui SNMPTN berjumlah 89 siswa dari semua jurusan. Jumlah ini lanjut Linda, meningkat dari tahun sebelumnya 69 orang.

“Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT atas karunia yang diberikan sehingga siswa Kelas XII TP 2021/2022 yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur undangan atau SNMPTN berjumah 89 orang. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dari TP 2020/2021 lalu yaitu 69 orang. Suatu hal yang sangat membanggakan atas usaha siswa dalam mempertahankan cara belajarnya sehingga siswa dapat mempertahankan nilai raportnya,” ujar Linda.

Lebih lanjut Linda mengatakan, SNMPTN merupakan jalur masuk perguruan tinggi negeri melalui seleksi nilai dari Kelas X di semester 1 sampai dengan Kelas XII di semester 5. “Terimakasih juga saya ucapkan kepada bapak ibu dewan guru dan staf TU yang telah memberikan pelayanan dan bimbingan kepada siswa selama mereka belajar di SMAN 9 Bandarlampung. Dan Bagi siswa yang belum berhasil di jalur SNMPTN ini saya doakan semoga siswa siswi tersebut dapat masuk ke perguruan tinggi negeri yang mereka inginkan melalui jalur SBMPTN atau jalus tes tertulis. Semoga siswa siswi yang akan ikut ujian SBMPTN diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengikuti ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri, dan mereka dapat diterima di Perguruan TInggi Negeri yang mereka inginkan,” tutur Linda.

Di Perguruan Tinggi Negeri mana saja siswa SMAN 9 Bandarlampung diterima jalur undangan, Linda menjelaskan di perguruan tinggi negeri di Provinsi Lampung dan sejumlah perguruan tinggi negeri ternama di Pulau Jawa. Tapi yang paling banyak di Universitas Lampung (Unila) dan Intitut Teknologi Sumatera (Itera). Linda juga berharap tahun depan jumlah siswa SMAN 9 Bandarlampung yang diterima melalui jalur SNMPTN jumlahnya lebih banyak lagi. Karenanya, Kepala Sekolah juga berharap peran orang tua siswa dalam mengawal pendidikan anaknya saat di rumah sehingga anak-anak tetap fokus belajar.

Diketahui, Universitas Lampung menerima sebanyak 3.027 mahasiswa baru jalur undangan atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2022. Jumlah mahasiswa baru di Unila jalur SNMPTN 2022, termasuk paling banyak di antara perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mochamad Ashari mengatakan, terdapat 20 perguruan tinggi negeri yang dinyatakan menerima peserta SNMPTN 2022 terbanyak.

Di antaranya adalah Universitas Brawijaya (3.445), Universitas Negeri Semarang (3.083), Universitas Pendidikan Indonesia (3.038), Universitas Lampung (3.027) dan Universitas Negeri Padang (2.867).

Ashari mengatakan, sebanyak 120.643 peserta dari 612.049 pendaftar dinyatakan lolos mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2022.

Ashari menyebut 120.643 peserta yang lolos tersebut telah diterima di 125 perguruan tinggi negeri (PTN) yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan rincian sebanyak 109.276 peserta berhasil lolos pada pilihan pertama.

Pada pilihan kedua jumlah peserta yang lolos mencapai 11.367 peserta. Adapun peserta dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang diterima sebanyak 35.570 peserta.  Ia menambahkan jumlah keseluruhan pendaftar SNMPTN tahun 2022 naik menjadi 612.049 peserta. Padahal, total daya tampung yang disediakan oleh LTMPT hanya ada 122.651 saja. (W9-jam)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.