Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriyah pada Minggu 3 Maret 2022

Menag Yacuq Cholil Qoumas memimpin sidang Isbat 1 Ramadhan 1443 H. (foto : ist)

Jakarta, Warta9.com -Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriyah jatuh pada Ahad/Minggu 3 Maret 2022.

Keputusan ini diambil dalam Sidang Isbat (Penetapan) Awal Ramadhan 1443 Hijriyah yang digelar Kementerian Agama di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jakarta, Jumat (1/4/2022), yang dibacakan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qaumas

Sidang diikuti oleh perwakilan ormas Islam, Komisi VIII DPR RI perwakilan duta besar negara sahabat, lembaga astronomi, para pakar, serta jajaran Kemenag.

Dalam Sidang Isbat menggunakan metode hisab dan rukyat melihat langsung keberadaan hilal. Dua metode ini, bukan dua metode yang diperhadapkan atau dipertentangkan satu sama lain. “Keduanya saling melengkapi satu sama lain sama pentingnya. Perukyat harus kuasa keduanya,” kata dia.

Dia menjelaskan, laporan sejumlah Kemenag daerah 101 titik rukyat di 34 provinsi, dari yang melaporkan kesemuanya melaporkan tidak melihat hilal. “Berdaarkan hisab posisi hilal sudah di atas ufuk tetapi belum penuhi MABIMS baru serta lporan rukyatul hilal, secara mufakat 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada hari Ahad)Minggu 3 April 2022 M),” kata dia.

Dia menjelaskan, laporan sejumlah Kemenag daerah 101 titik rukyat di 34 provinsi, dari yang melaporkan kesemuanya melaporkan tidak melihat hilal. “Berdaarkan hisab posisi hilal sudah di atas ufuk tetapi belum penuhi MABIMS baru serta laporan rukyatul hilal, secara muafakat 1 Ramadhan 1443 H jatuh hari Ahad 3 April 2022 M),” kata Menag. (W9-jm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.