Buka Musrenbang, Gubernur Arinal Tekankan Enomi Rakyat Menjadi Prioritas Utama

Gubernur Arinal Djunaidi menyampaikan arahan pada Musrenbang. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Lampung 2022, Dalam Rangka Penyusunan RKPJ Provinsi Lampung 2023, di Novotel Bandarlampung, Senin (11/4/2022).

Musrenbang yang mengambil tema “Penguatan Ekonomi yang Inklusif untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah” dibuka oleh Gubernur Arinal Djunaidi, diikuti oleh Wagub Chusnunia, Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH, Anggota DPD RI dr. Jihan Nurlela, Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay dan Kepala Bappeda Mulyadi Irsa, dengan melakukan touch screen/menyentuh layar.

Dalam Musrenbang ini, Gubernur memberi atensi khusus kepada Bupati/Walikota yang tidak hadir. Karena Musrenbang Provinsi sangat penting dalam rangka merencanakan pembangunan daerah Lampung. Gubernur juga berharap kedepan pembangunan harus mencerminkan kondisi Kabupaten/Kota.

Gubernur Arinal Djunaidi tetap menempatkan prioritas pembangunan ekonomi kerakyatan. Terutama pengembangan UMKM yang ada di Provinsi Lampung.

“Apapun ekonomi rakyat harus menjadi prioritas utama. Ini terbukti ekonomi Lampung tetap stabil bahkan bangkit meski kita sedang dilanda musibah kesehatan Covid-19,” ujar Arinal.

Lebih lanjut Gubernur menyampaikan, bahwa ia bersama Wakil Gubernur Lampung Chusnunia telah 3 tahun menjalankan tugas pemerintahan di Provinsi Lampung. Dengan kondisi negara dilanda pandemi Covid-19, tetap semangat menjalankan roda pemerintahan dan tatanan pembangunan di Provinsi Lampung. Sehingga 68 penghargaan diterima selama kepemimpinan Arinal-Chusnunia.

“Ini harus menjadi cerminan para Bupati/walikota, Sekda, OPD di lingkungan Pemerintahan Provinsi Lampung. Bukan soal penghargaan ya, tapi dalam membangun daerah kita sudah punya pijakan. Karena penghargaan ini tidak lepas dari hasil kinerja para OPD, Bupati/Walikota sementara Gubernur hanya inisiator dan mendorong tercapainya program,” ujar Arinal.

Terkait Musrenbang, Gubernur Arimal Djunaidi meminta kepada Kepala OPD termasuk para Bupati/Walikota jangan mengusulkan program formalitas saja. Tapi, program yang diusulkan merupakan prioritas dan hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan dan bukan keinginan.

Talk Show

Sebelum pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Lampung 2022, Dalam Rangkan Penyusunan RKPJ Provinsi Lampung 2023, dilakukan Talk Show, Senin (11/4/2022).

Talk Show yang membedah tentang Penguatan Ekonomi yang Inklusif untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah, menghadirkan sejumlah pakar ekonomi Lampung dan pelaku bisnis. Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung Budiyono, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung (FEB Unila) Dr Nairobi SE MSi, Anggota DPRD, Pelaku usaha dan Kepala Bappeda Lampung Mulyadi Irsan.

Musrenbang Provinsi Lampung 2022 yang dibuka Gubernur Arinal Djunaidi dihadiri antara lain, Wakil Gubernur Chusnunia, Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto, Anggota DPD RI Dapil Lampung dr. Jihan Nurlela Chalim, Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay, Anggota DPRD Lampung Rahmat Mirzani Djausal, Kelapa Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiyono, Menteri Republik Indonesia yang diwakili oleh Dirjen Kepandudukan dan Pencatatan Sipil Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh. SH, MH, anggota Forkopimda, para Bupati/Walikota, Kepala OPD, Akademisi dan stakeholders lainnya.(W9-jam)

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.