284 Atlet PON XXI Telah Ikuti Tes Fisik dan Kesehatan

 

Atlet Lampung yang lolos PON XXI sedang mengikuti tes fisik dan kesehatan. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Sebanyak 284 dari 361 atlet PON XXI/2024 Lampung, telah mengikuti rangkaian tes fisik dan kesehatan yang digelar oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung, 5-7 Desember di PKOR Way Halim Bandarlampung.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 77 atlet dan 7 cabang olahraga belum mengikuti tes dengan berbagai alasan. Diantaranya adalah sedang mengikuti ujian semester dan atlet yang ada di luar kota. Meski demikian panitia tes memberikan keringanan, seperti melakukan tes mandiri baik secara perorangan maupun cabor.

Ketua panitia tes fisik dan kesehatan Rizky Yuliandra menjelaskan, pelaksanaan tes berjalan lancar dan selesai sesuai dengan waktu yang telah mereka jadwalkan. Memang ada 77 dari 361 atlet dari 7 cabang olahraga yang belum mengikuti tes, hal tersebut telah daporkan kepada bidang yang terkait yaitu Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) KONI Lampung.

Tes fisik dan kesehatan sendiri merupakan program wajib yang harus diikuti oleh seluruh atlet yang berhasil lolos ke POn XXI/2024 Aceh-Sumut. Dimana tes tersebut sebagai persiapan awal bagai para atlet, untuk menjalani pelatihan provinsi (Pelatprov) menuju PON Aceh-Sumut tahun depan. Bukan itu saja, tes juga sebagai pemetaan kemampuan dari para atlet dalam kesiapannya menghadapi pertandingan atau perlombaan di PON.

“Ini tes awal untuk mengehatui sebatas mana kekuatan fisik dan kesehatan atlet kita. Nanti akan ada tes tahap kedua, sebagai rangkaian dari tes tahap pertama. Di tes tahap kedua nanti sangat penting, karena kita akan tahu seberapa siap dan sudah ada kemajuan belum fisik para atlet,” kata Candra Kurniawan, Kabid Binpres KONI Lampung.

“Kami berharap atlet yang belum melakukan atau mengikuti tes. Bisa mengirimkan video dan hasil tes fisik secara mandiri. Ini penting data KONI, juga untuk kepentingan kita bersama,” pungkas Candra. (W9-jm)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.