40 Posko Mudik di Lampung Libatkan Anggota Pramuka

Bandarlampung, Warta9.com – Guna mengetahui secara langsung keterlibatan Pramuka pada arus mudik lebaran 1439 H / 2018 M, Kwarda Lampung melalui bidang Abdimasgana dan Satgas Pramuka Peduli melakukan peninjauan posko mudik lebaran yang dilaksanakan oleh Kwartir Cabang di wilayah kerja Kwarda Lampung.

Salah satunya adalah Posko yang didirikan oleh Kwartir Cabang Kota Bandarlampung di Jln Soekarno-Hatta Bypass, Simpang Kalibalok, Sukarame. Pada Rabu malam (13/6/2018). Tim Peninjau diterima secara resmi oleh Sekretaris Kwarcab Kota Bandarlampung Kak Sudarto, SE, beserta Andalan, Staf, DKC, serta anggota Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Bandarlampung yang sedang bertugas piket jaga.

Posko mudik ini aktif pada H-5 lebaran sampai dengan H+5 pasca lebaran. Jam piket dibagi 2 shift mulai dari jam 09.00-21.00 dan 21.00-09.00 WIB. Satu shiftnya terdiri dari 6-9 orang yang piket. Aktifitas yang dilakukan di posko yang didirikan secara mandiri ini yaitu melakukan pengamanan arus lalu lintas, pemberian informasi terkait jalur mudik, dan membantu para pemudik yang lelah utk dapat beristirahat.

Menurut Yuliana Saleh, Sesbid Abdimasgana bahwa Tim Pemantau juga akan menyambangi posko lain yang ada Pramukanya disetiap Kabupaten/Kota. “Tentu tidak semua pos yang kita sambangi, paling tidak posko utamanya”.

Berdasarkan data rekapitulasi yang dihimpun, paling tidak terdapat 40 posko mudik yang tersebar di 15 Kab/Kota. Keterlibatan Pramuka pada kelancaran arus mudik ini merupakan program Gerakan Nasional Karya Bakti Pramuka pada Lebaran 1439 H.

Kegiatan ini merupakan karya nyata kepedulian Gerakan Pramuka kepada masyarakat luas terutama masyarakat yang melakukan mudik lebaran dengan membantu memberikan informasi kelancaran arus di jalan raya, terminal, stasiun, dan pelabuhan. Gerakan Nasional Karya Bakti Pramuka 1439 H/2018 M ini melibatkan seluruh jajaran Gerakan Pramuka mulai dari Kwartir Nasional hingga Gudep dan Satuan Karya (Saka) dengan berkoordinasi dan bekerjasama dengan Pemda, Kepolisian, dan instansi terkait lainnya. (W9-jam)

loading...
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.