Waspada, Pencuri Incar Rumah Kosong Saat Penghuni Mudik

Ilustrasi/net

Panaragan, Warta9.com РKapolres Tulang Bawang AKBP. Raswanto Hadi Wibowo melalui Kapolsek Tumijajar Iptu Aladine Efendi, mengimbau warga yang akan mudik lebaran mewaspadai saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Sebab menurutnya, kondisi tersebut bisa saja dimanfaatkan oleh pelaku tindak kriminal.

“Jangan tinggalkan rumah begitu saja, namun titipkan dengan tetangga, karabat, atau ketua Rt setempat. Sehingga ada yang mengawasi dan menjaganya,” kata Kapolsek, Kamis (14/6/2018).

Dengan cara seperti itu, lanjut Kapolsek, maka pencurian dapat terhindari. Karena maling akan berpikir panjang untuk beraksi. Walaulun rumah itu tidak ada penghuninya.

Selain itu warga juga diminta untuk menginformasikan kepada pihak polsek maupun polres, jika ada rumah yang ditinggalkan mudik. Dengan adanya laporan itu maka pihak kepolisian dapat memetakan wilayah mana saja yang terdapat rumah kosong ditinggal mudik pemiliknya. Sehingga pihak aparat dapat melakukan patroli di wilayah-wilayah tersebut untuk mencegah aksi pencurian.

“Itu salah satu cara yang kami lakukan, guna menghindari terjadinya pencurian. Jadi warga jangan takut lapor kepada kami, karena kami siap memberikan pelayanan,” ungkap Aladine.

Saat ini, sambung dia, jajaran Polres telah melakukan pengetatan pengamanan guna mencegah terjadinya tindak kejahatan dalam bentuk apapun. Seperti aksi premanisme, peredaran narkoba, pencurian dan lain sebagainya.

Hal itu dikarenakan menjelang lebaran Idul Fitri, biasanya aksi tindak kejahatan seperti pencurian kerap terjadi. Pelaku memanfaatkan kondisi rumah kosong yang ditinggalakan mudik oleh pemiliknya. (W9-Joni)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.