Bentuk Peran NU, PMII Lampung Wajib Hukumnya Memenangkan AMIN

 

Ketua IKA PMII Lampung Noverisman Subing pada acara konsolidasi Akbar pemenangan AMIN. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com
Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Lampung bersama PKC PMII Lampung menggelar konsolidasi akbar untuk memenangkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) pada Pilpres 2024 mendatang.

Dalam pertemuan itu juga, secara resmi membentuk Pergerakan Aktivis Nahdliyyin Nusantara (PeranNU). PeranNU selanjutnya akan melakukan kerja-kerja pemenangan AMIN.

Menurut Ketua IKA PMII Lampung Noverisman Subing, pembentukan PeranNU merupakan langkah awal dari keluarga besar PMII Lampung untuk mensosialisasikan pasangan AMIN.

Kanjeng Nover, begitu kerap disapa, menyebutkan, struktur PeranNU akan diisi oleh perwakilan IKA PMII dan PKC PMII. “Ketua IKA PMII Lampung akan menjadi Ketua PeranNU dan Ketua PKC PMII akan menjadi sekretaris PeranNU. Begitupun ditingkat kabupaten/kota, Ketua IKA PMII di tingkat kabupaten akan menjadi Ketua PeranNU dan Ketua PC PMII tingkat kabupaten akan menjadi sekretaris,” ujarnya dalam acara yang digelar di Pondok Rimbawan, Bandarlampung, Jumat (22/09/2023).

Anggota Fraksi PKB DPRD Lampung ini menyebutkan, dalam struktur PeranNU merupakan gabungan dari pengurus struktural PMII dengan Ikatan alumni PMII se Lampung. “Kedepan kerja-kerja pemenangan AMIN akan dilakukan melalui PeranNU,” ungkapnya.

Menurutnya keluarga besar PMII merupakan pendukung utama Muhaimin Iskandar. Karena Muhaimin merupakan mantan Ketua PB PMII tahun 1994-1997 sekaligus saat ini menjadi Ketua Mabinas PB PMII. “Selama Muhaimin Iskandar mencalonkan diri, maka kewajiban kami untuk ikut mensukseskan,” ungkapnya.

Kanjeng Nover mengungkapkan, saat ini banyak Kader PMII yang menjabat di kursi strategis, seperti Kepala Daerah, Anggota DPR dan DPRD, dll. Hal ini menurutnya menandakan PMII sudah besar. Ini tentu menjadi rasa kebanggaan kader PMII yang sedang berproses di tiap tingkatan.

Nover menegaskan wajib hukumnya bagi kader PMII untuk mensosialisasikan dan memenangkan AMIN.

Menurutnya terdapat banyak hal untuk dilakukan, bagi kader yang berstatus mahasiswa bisa mengajak bedah buku Cak Imin di kampus. Hal ini untuk mendedah pemikiran Cak Imin melalui buku-bukunya.

Begitupun dengan Alumni PMII, salah satu strategi jitu untuk mensosialisasikan Cak Imin adalah dengan menyampaikan program peningkatan anggaran desa sebesar Rp 5 M yang digagas Cak Imin.

“Program anggaran desa sebesar Rp 5 M merupakan gagasan Cak Imin. Bagi kepala desa ini sangat berarti dan mendukung kebutuhan mereka. Dengan begitu juga, kepala desa bisa mengetahui siapa Capres-cawapres yang memiliki program yanf berpihak dengan kades,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga ia menyampaikan, alumni PMII secara mayoritas berjuang di PKB. Bila dipresentasekan sebanyak 90 Persen. Sementara 10 Persenya ada di Gerindra, PDI P dan Nasdem.

Lebih lanjut Nover mengatakan, saat ini PMII Lampung memiliki pekerjaan besar untuk memenangkan Muhaimin Iskandar sebagai Cawapres.

Oleh karena itu, ia dalam momentum tersebut juga, meminta persetujuan ke keluarga besar PMII Lampung untuk mendukung penuh Cak Imin. Sekaligus dalam waktu dekat akan membentuk PeranNU di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

PMII Lampung Siap Menangkan Anies-Cak Imin

Ketua PKC PMII Lampung Ahmad Hadi Baladi Ummah atau Pupung mengatakan siap memperjuangkan ide besar Muhaimin Iskandar tentang kerakyatan dan kesejahteraan.

Menurutnya Cak Imin meneruskan perjuangan 3 pancasila GusDur dalam berpolitik dan menambahkan dua sila tentang demokrasi yang inklusif dan ekonomi yang inklusif.

Oleh karena itu, PKC PMII Lampung mendorong PC PMII se Lampung untuk bersama-sama berjuang menyuarakan ide kerakyatan dan kesejahteraan Cak Imin.

Baginya tidak ada lagi alasan bagi kader PMII Lampung untuk tidak mendukung Cak Imin. Sebab Cak Imin memiliki ide besar yang diusung.

Dalam waktu kedepan, PMII Lampung akan mengajak kader hingga mahasiswa mendedah buku-buku Cak Imin. Hal ini dalam rangka menyampaikan ide kebangsaan Cak Imin.

Momentum ini juga untuk mempertegas gerakan PMII dalam politik, agar tidak lagi terjebak dalam situasi kegamangan dan tidak mengalami konflik nilai. “Wajib cita-cita besar dan ide besar tentang kesejahteraan dan kerakyatan buah pikiran Muhaimin Iskandar terus disuarakan,” ujarnya.

Ia menyebutkan PMII merupakan organisasi yang konsen diberbagai sektor mulai dari politik, advokasi, intelektual hingga akademisi. Karena itu, dalam momentum politik 2024, PMII Lampung akan total memenangkan Cak Imin.

Namun ia menegaskan, dukungan terhadap Cak Imin yang terpenting adalah bentuk dukungan terhadap ide besar Cak Imin. “Kita mendukung dan memperjuangkan ide Cak Imin,” tutupnya.

Sementara Mabinas PB PMII Fajrun Najah Ahmad mengatakan, Cak Imin sejak masih Ketua PB PMII 1994, telah terlihat memiliki potensi dan kemampuan yang bagus, dan terbukti saat ini menjadi Cawapres.

Fajrun menyebutkan sebagai Kader PMII wajib mendukung Cak Imin, sebab satu-satunya kader PMII yang terlibat dalam Pilpres 2024 hanya Cak Imin.

Ia selanjutnya mengarahkan ketua PMII untuk mendata kader dan anggota PMII se Lampung. Sebab, baginya dalam politik harus memiliki data dan hitungan yang jelas.

Hadir dalam kesempatan tersebut, sejumlah alumni PMII yang tergabung juga dalam PKB se kabupaten/kota se Lampung, 11 Pengurus Cabang PMII, kabupaten/kota se Lampung dan kader PMII Bandarlampung. (W9-jam)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.