oleh

Dari Kunjungan 3 Desa di Lampung Selatan, Mendes PDTT akan Buat Program Desa Ternak Terpadu

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar menijau peternakan sapi di Tanjungsari Lamsel. (foto : ist)

Lampung Selatan, Warta9.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, berencana membuat program desa ternak terpadu. Ternak terpadu ini sebagai pendukung untuk ketahanan pangan.

“Jadi rencana Program Desa Ternak Terpadu ini sebagai perluasan dari koperasi ternak yang sudah ada melalui korporasi ternak desa yang akan dijalankan oleh BUMDESMA (BUMDES BERSAMA),” ujar Kadis PMDT Provinsi Lampung Dr. Zaidiria, MSi, saat mendampingi Kunjungan Kerja Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, di Tanjungsari Lampung Selatan, Rabu (8/9/2021).

Program Desa Ternak Terpadu ini lanjut Zaidirina, dapat menopang Program Lampung sebagai lumbung ternak yang dicanangkan Gubernur Arinal Djunaidi.

Dalam kunjungan kerja di Desa Wawasan, Desa Wonodadi dan Desa Purwodadi Kecamatan Tanjungsari Lampung Selatan, Menteri Abdul Halim mengapresiasi sistem manajemen yang ada di KPT Maju Sejahtera di Desa Wawasan Kecamatan Tanjung Sari.

“Saya berharap sistem manajemen satu pintu yang diterapkan di sini dapat menjadikan Koperasi Usaha ini semakin maju, terus berkembang, dan dapat berguna bagi masyarakat luas,” ujar Abdul Him, saat mengunjungi Koperasi Produksi Ternak (KPT) Maju Sejahtera.

Abdul Halim menambahkan bahwa KPT Maju Sejahtera dapat dijadikan trigger yang baik bagi peternak lain yang ingin membentuk koperasi usaha.

Selain mengunjubgi petèrnakan sapi yang dikelola Koperasi Produksi ternak (KPT) Maju Sejahtera, Desa Wawasan. Menteri juga mengunjungi peternakan ayam, Desa Wonodadi dan Peternakan Sapi, Desa Purwodadi Dalam.

Diketahui KPT Maju Sejahtera merupakan koperasi usaha pembiakan sapi dengan skema bagi hasil, pengadaan dan perdagangan sapi, produksi dan penjualan pakan, pinjaman sapi dan penjualan produk limbah ternak yang didirikan sejak 2014.

Menurut Suhadi, ketua KPT Maju Sejahtera, KPT yang dipimpinnya menggunakan sistem satu pintu dalam manajemen pembiayaan, pengelolaan pakan, dan penjualan
.
Suhadi mengatakan dalam sistem penjualan yang menggunakan sistem lelang, sangat menguntungkan peternak. “Harga akan naik dari harga biasanya, dan itu sangat membantu bagi peternak sapi disini,” ujar Suhadi.

Turut mendampingi Kunjungan Kerja Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi RI ke Desa Wawasan, Wonodadi dan Purwodadi Kecamatan Tanjungsari Lampungsel antara lain; Dirjen Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi Ir. Rr. Aisyah Gamawati, MM, Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ir. Harlina Sulistyorini, M.Si, Sesditjen PPKT Dr. Sigit Mustofa Nurudin, ST, MM, Direktur Pelayanan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Dr. Supriadi, M.Si. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed