Gubernur Arinal : Konsumsi Ikan Dapat Mencegah Stunting dan Ciptakan Generasi Sehat dan Cerdas

Gubernur Arinal Djunaidi menunjukkan hasil olahan serba ikan. (foto : iist)

Bandarlampung, Warta9.com — Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi mengajak masyarakat mengkonsumsi ikan agar dapat mencegah stunting dan menciptakan generasi yang sehat, kuat dan cerdas demi mewujudkan Masyarakat Lampung Berjaya.

Ajakan tersebut disampaikan Gubernur Arinal saat membuka kegiatan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023, di Halaman Kantor Pemerintah Provinsi Lampung, Jumat (9/6/2023).

“Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi stimulan peningkatan konsumsi ikan masyarakat Lampung serta┬áberkontribusi terhadap pencegahan stunting,” ujar Gubernur.

Kegiatan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 ini diawali dengan persembahan paduan suara dari anak-anak SD Negeri Kupang Kota, Bandarlampung dengan menyanyikan lagu berjudul “Aku Suka Makan Ikan”.

Arinal mengatakan, dengan peningkatan konsumsi ikan, akan membantu meningkatkan pemasaran produksi pembudidaya/nelayan.

Namun selain mengkampanyekan gemar makan ikan (Gemarikan), juga meminta instansi terkait, Kabupaten/Kota dan masyarakat untuk menjaga pengembangan ketersediaan ikan air tawar terutama dalam melestarikan ikan endemik lokal.

“Selain kita mengajak masyarakat untuk makan ikan bikin cerdes, mari kita juga menjaga ketersediaan ikan air tawar seperti melalui restocking yang telah saya inisiasi dibeberapa Kabupaten,” katanya.

Untuk itu, Gubernur Arinal meminta keseriusan dan kerja keras semua untuk memanfaatkan potensi sumberdaya pada sektor kelautan dan perikanan yang luar biasa di Provinsi Lampung untuk kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan.

“Produksi perikanan Lampung juga perlu dimanfaatkan secara optimal dalam berbagai diversifikasi olahan yang bernilai tambah, dan berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional, salah satunya melalui kegiatan Lomba Masak Serba Ikan,” ujarnya.

Arinal menjelaskan ada beberapa capaian program di sektor kelautan dan perikanan di Provinsi Lampung. Diantaranya Produksi Perikanan Lampung tahun 2021 dibanding tahun 2022 mengalami peningkatan sebesar 7,49 %.

Selanjutnya, volume dan nilai ekspor perikanan Lampung tahun 2021 dibanding tahun 2022 meningkat cukup menggembirakan. “Yaitu volume meningkat sebesar 22,56% dan nilai meningkat 13,28% atau dari Rp. 2,32 Triliun pada tahun 2021 menjadi Rp.2,63 Triliun tahun 2022,” katanya.

Kemudian, Angka Konsumsi Ikan Provinsi Lampung┬áTahun 2022 mencapai 34,93 kg/kap/tahun dan juga mendapatkan Rekor MURI sebagai Sajian Rajungan Terbanyak pada Tahun 2022. “Dan memperoleh Juara Umum pada Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Nasional Tahun 2022,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Liza Derni menyampaikan Lomba Masak Serba Ikan ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang kandungan dan manfaat ikan bagi kesehatan dan kecerdasan anak.

Selanjutnya, untuk memperkenalkan ragam menu dan masakan berbahan baku ikan. “Ini juga untuk meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap ikan lokal,” ujar Liza.

Liza mengatakan kegiatan ini salah satu implementasi program Gemarikan. “Kegiatan ini juga merupakan agenda rutin Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung,” katanya. (W9-jam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.