oleh

Hadapi Dunia Kerja, Dosen Universitas Teknokrat Latih Generasi Muda Margosari Buat CV Menggunakan Aplikasi

Tim PkM Universitas Teknokrat Indonesia di Desa Margosari Metro Kibang. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Universitas Teknorkat Indonesia PTS Terbaik di Sumatera terus memberikan kontribusi melalui program pengabdian kepada masyarakat (PkM). Salah satunya adalah kegiatan PkM dengan sasaran generasi muda di Provinsi Lampung.

Kali ini, tim PKM berkolaborasi dengan Karang Taruna Satya Wira Bakti Desa Margosari, Kecamatan Metro Kibang, Kabupaten Lampung Timur.

Tim PkM Universitas Teknokrat Indonesia terdiri dosen dan mahasiswa, mengadakan pelatihan pembuatan Curriculum Vitae (CV) untuk persiapan melamar pekerjaan.

Suprayogi, salah satu dosen Tim PkM mengatakan, CV merupakan salah satu dokumen penentu seseorang akan dipertimbangkan untuk lulus ke tahap wawancara pekerjaan.

Namun, banyak yang menganggap pembuatan CV sebagai hal yang sederhana sehingga tidak terlalu menjadi perhatian khusus.

Bahkan saat ini, pelamar pekerjaan acapkali menuliskan CV ala kadarnya dan kurang memperhatikan dari segi kaidah bahasa, konten, tata letak dan komposisi warna.

Untuk itu, lanjut Suprayogi, pelatihan ini diberikan kepada anggota Karang Taruna Satya Wira Bakti Desa Margosari agar anak-anam muda ini suatu saat ingin melamar pekerjaan sudah bisa.

Materi pelatihan disampaikan oleh Dr. Afrianto, M.Hum dan Dina Amelia, M.Hum. Materinya tentang komponen-komponen yang wajib masuk dan tidak perlu masuk ke kolom CV dan bagaimana memanfaatkan aplikasi terkini di internet untuk mendesain CV agar menarik dan nyaman untuk dibaca.

Di sesi ini, anggota Karang Taruna berkesempatan langsung untuk membuat CV menggunakan aplikasi dibantu oleh tim dosen yang terdiri dari Ingatan Gulo, M.Hum, Suprayogi, M.Hum. dan Dian Puspita, M.Li.
Tim mahasiswa Universitas Teknokrat juga terlibat dalam kegiatan ini. Mereka adalah Edho Anggara dan M. Rizky Mulia.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 4 November 2021 ini disambut baik oleh Ketua Karang Taruna setempat Jamaludin, SH.

Ia berharap kegiatan ini membawa manfaat untuk para anggota dan kegiatan ini bisa berlanjut nantinya.

Sementara itu, Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM, mengapresiasi kegiatan PkM binaan desa tersebut.

Dengan pelatihan pembuatan CV ini benar-benar bermaanfaat bagi generasi muda untuk menghadapi dunia kerja. Memang terlihat sepele pembuatan CV, padahal CV sangat penting dalam melamar pekerjaan. Apalagi saat ini semua serba digitalisasi, maka calon pelamar kerja dituntut bisa membuat CV dengan baik. (W9-jam)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed