Ketua Dekranasda Mesuji Pori Karlia Sulpakar Buka Pelatihan Sulam Ulat

 

Ketua Dekranasda Mesuji Pori Karlia Sulpakar menunjukkan kain Sulam saat membuka pelatihan. (foto : ist)

Mesuji, Warta9.com – Ketua Dekranasda Kabupaten Mesuji Hj. Pori Karlia Sulpakar membuka Pelatihan Sulam Ulat Pengrajin tujuh Kecamatan se-Kabupaten Mesuji di Gedung Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji, Selasa (22/08/2023).

Ketua Dekranasda Mesuji Pori Karlia Sulpakar menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang luar biasa kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji atas Terselenggaranya Kegiatan ini. Tentunya kegiatan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta tentang sulam ulat.

Pori Karlia berharap, dengan pelaksanaan kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Kabupaten Mesuji khsusunya peserta pelatihan Sulam Ulat yang berjumlah 30 orang. Peserta berasal dari pengrajin Sulam Ulat di tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Mesuji.

Pori menjelaskan, Dekranasda merupakan organisasi yang menghimpun secara umum pengrajin yang ada di Kabupaten Mesuji dengan nilai seni yang mampu menghasilkan produk-produk yang berkualiatas dan bernilai tinggi.

Karena itu, diperlukan peningkatan sumber daya pengetahuan dan pembelajaran masyarakat agar pengrajin dapat meningkatkan hasil usaha atau produk yang di hasilkannya. “Produk-produk Mesuji akan dipamerkan di tingkat nasional, untuk itu diperlukan usaha dan kerja keras dari semua pihak terutama pengrajin untuk meningkatkan kualitas produknya. Perlu diketahui, Sulam Ulat Mesuji telah memiliki hak paten sehingga diperlukan peningkatan hasil yang lebih baik dari pengrajin sulam ulat yang ada di Kabupaten Mesuji,” kata Pori Karlia Sulpakar.

Lebih lanjut Pori menyampaikan, setelah kegiatan ini akan diadakan pelatihan untuk memadukan keterampilan Sulam Ulat ke bahan bahan lainnya misalnya ke kain tapis atau ke kain lainnya. “Terima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji yang telah menyelenggarakan kegiatan pada hari ini. Terimakasih juga kepada pengurus Dekranasda Kabupaten Mesuji dan peserta pelatihan serta Nara Sumber dan tamu undangan yang telah hadir,” tutup Pori Karlia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji Gunarso, SH, dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini di laksanakan hasil kerja sama Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Mesuji. Pelatihan sulam ulat ini adalah program transformasi Perpustakaan Berbasisi Inkluisi Nasional,” kata Gunarso.

Pada kegiatan di Tingkat Nasional kerajinan Sulam telah ditampilkan di event acara Inakraft yang dilaksanakan di Jakarta, untuk hasil kerajinan bisa di lihat di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji, karena kami menyediakan pojok ruangan Dekranasda Kabupaten Mesuji. (W9-san)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.