Kolaborasi dengan Kemenkominfo, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Laksanakan Pendidikan Karakter Pancasila di Era 5.0

 

Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F Paulus menyampaikan materi secara virtual kegiatan pendidikan karakter Pancasila di Sumberrejo Kemiling. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.comWakil Ketua DPR RI Letjen TNI (Pur) H. Lodewijk F Paulus, melaksanakan pendidikan karakter Pancasila di Era 5.0, di Kelurahan Sumberrejo Kecamatan Kemiling Bandarlampung, Minggu (27/8/2023).

Menariknya, kegiatan pendidikan karakter Pancasila diisi dengan pertujukan kesenian Kuda Lumping Karya Remaja pimpinan Edi Yanto, bekerjasama dengan Kementerian Kominfo RI.

Pendidikan Karakter Pancasila di Era 5.0 dan Pertunjukan Kesenian Rakyat menghadirkan narasumber Wakil Ketua DPR RI Letjend TNI (Pur) H. Lodewijk F Paulus, Plt Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (IKPMK) Kementerian Kominfo RI Dr. Nursodik Gunarjo, MSi, anggota DPRD Bandarlampung Heti Friskatati.

Hadir juga penggiat sosial Hartini Soraya, penggiat budaya Edi Yanto, Ketua DPD Partai Golkar Bandarlampung H. Yuhadi dan pecinta seni dan budaya Kuda Lumping.

Lodewijk juga Sekjen Partai Golkar ini menekankan pentingnya kesadaran masyarakat merawat Nasionalisme melalui budaya dan kearifan lokal di tengah derasnya teknologi informasi.

Menurut Lodewijk pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di tengah derasnya perkembangan teknologi sangat penting. Karena Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup dan ideologi bangsa Indonesia, tidak hanya menjadi pedoman dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, tetapi juga dapat menjadi salah satu alat pendewasaan dalam kehidupan bermasyarakat.

Karena menurut Lodewijk anggota DPR RI dari Dapil Lampung 1 ini,
nilai-nilai Pancasila sangat penting di tengah masyarakat Indonesia yang beragam suku, agama, bahasa, budaya.

Sementara itu, Plt Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (IKPMK) Kementerian Kominfo RI Dr. Nursodik Gunarjo, MSi, menyampaikan perlunya implementasi nilai-nilai Pancasila di era globalisasi, salah satunya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang menarik bagi generasi muda beserta masyarakat.

Implementasi Pancasila akan lebih mudah terlihat dalam peraktek berbangsa dan bernegara jika Pancasila menjadi rujukan. Oleh karena itu lanjut Nursodik, tugas kita bersama untuk membekali masyarakat dengan kemampuan literasi digital agar selalu siap mengawal percepatan transformasi digital. Maka dari itu kita bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dengan tepat guna dalam upaya mempertahankan identitas bangsa kita.

Pagelaran kuda lumping di Kelurahan Sumberrejo Kemiling merupakan magnet bagi masyarakat. Sebab, ratusan orang hadir bukan saja dari Kemiling tapi dari berbagai penjuru Bandarlampung datang untuk menyaksikan atraksi kuda lumping. (W9-jam)

 

 

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.