Mitigasi Hambatan Distribusi Logistik Pemilu Wilayah Terluar OKI

OKI, Warta9.com – Penjabat Bupati bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), KPU dan Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melakukan pengecekan jalur distribusi logistik Pemilu di wilayah terluar. Salah satu desa yang dikunjungi yaitu Desa Sungai Batang Kecamatan Air Sugihan Kabupaten OKI pada Sabtu, (27/1/24).

Pengecekan ini dalam rangka menyiapkan mitigasi distribusi logistik Pemilu 2024 untuk wilayah yang jauh akses dan jangkauannya.

Bacaan Lainnya

“Kita cek bersama-sama jalur distribusi khususnya wilayah perairan di Ogan Komering Ilir. Salah satunya desa Sungai Batang, Air Sugihan ini,” ungkap Asmar.

Pengecekan ungkap dia untuk mengetahui alur dan hambatan-hambatan yang akan ditemui saat distribusi.

“Seperti tadi harus di waspada saat musim hujan seperti ini. Akses jalan darat maupun sungai yang jadi jalur distribusi,” tutur dia.

Desa Sungai Batang Kecamatan Air Sugihan merupakan salah satu desa perairan di Ogan Komering Ilir. Letaknya tepat berada di muara yang menuju langsung Selat Bangka.

Penduduk yang menempati desa ini mencapai 1.157 jiwa dengan mata pilih sebanyak 592 orang yang akan dibagi menjadi 3 TPS.

Jarak tempuh menjadi tantangan pesdistribusian logistik pemilu di wilayah perairan OKI. Seperti desa Sungai Batang yang berjarak 6-7 jam perjalan darat dan sungai dari Kayuagung Ibu Kota Kabupaten OKI.

Saat telusur jalur logistik pemilu, nantinya perangkat pemilu tersbut akan diangkut menggunakan speedboat dari Pelabuhan Benteng Kuto Besak Palembang, lalu ditempatkan di Gudang PPK di Kantor Camat Air Sugihan, Jalur 27.

Selanjutnya diangkut menggunakan kendaraan double gardan melintasi kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Sinar Mas Group. Sesampai di dermaga PT OKI Pulp, logistik diangkut menggunakan speed boat menelusuri kanal Sungai menuju muara selat Bangka sekira 15 menit baru kemudian sampai di Desa Sungai Batang.

Tentu Dukungan dan sinergi semua pihak dibutuhkan untuk memastikan distribusi logistik Pemilu di wilayah ini.

“Nanti dikoordinir Pak Camat agar dibantu oleh perusahaan sekitar terkait distribusi logistik pemilu tepat waktu dan tepat jumlah,” ujar Pj Bupati.

Kapolres OKI, AKBP. Hendrawan Susanto bersama Dandim 0402 OKI, Letkol. Inf. Irsyad Mahdi Pane memastikan kesiapan pengamanan logistik Pemilu di OKI

“Untuk wilayah perairan yang jauh dari jangkauan seperti ini kita berikan perhatian khusus. Kita juga libatkan Polairud untuk pengamanan,” jelasnya.

Sementara Ketua KPU OKI, Muhammad Irsan memastikan, secara teknis pengiriman logistik akan dilakukan tepat waktu.

“Untuk itu KPU akan memastikan distribusi aman dan tepat waktu. Untuk kondisi aman,  faktor cuaca yang kita khawatirkan,” kata dia.

Berbagai persoalan dan potensi kerawanan proses distribusi logistik pemilu ke wilayah terluar menurut dia harus bisa diantisipasi sejak dini.

“Sehingga sebagai penyelenggara pemilu, KPU Kabupaten OKI memastikan distribusi logistik nanti dapat dilakukan dengan tepat jumlah dan tepat waktu agar proses pemilu dapat berjalan lancar tanpa ada hambatan,” harapnya. (Toni)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.