Update Banjir di Lahat, Satu Rumah Warga Hanyut dan Sawah Terendam

Lahat, Warta9.com – Banjir melanda beberapa Kecamatan di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Peristiwa itu terjadi akibat luapan sungai Dendan yang mengaliri sekitar Desa Pulau dan Gelung Sakti, Kecamatan Pajar Bulan. Kemudian Desa Pelajaran, Nanti Giri dan Sadan Kecamatan Jarai Kabupaten Lahat, Sabtu (27/01/2024).

Kapolres Lahat AKBP God Parlasro S Sinaga, S.H.,S.IK.,MH melalui Kapolsek Jarai AKP Irsan Rumsi, SE dan Kapolsek Pajar Bulan AKP Asri Basyaruddin, SH beserta personel.

Bacaan Lainnya

Dimulai sekitar pukul 17.00 Wib tim evakuasi menyusuri Desa Ulak Bandung, Pulau, Gelung Sakti, Tanjung Agung Kecamatan Pajar Bulan. Kemudian Desa pelajaran, Nanti Giri dan Sadanu Kecamatan Jarai, Kabupatem Lahat telah terjadi banjir akibat luapan sungai dendan sehubungan curah hujan yang tinggi.

Air saat ini sudah masuk ke rumah-rumah warga dan jalan dengan ketinggian kurang lebih 70 cm. Korban jiwa nihil, kerugian yang baru terdata satu unit rumah hanyut atas nama Sudarman, 45 tahun, petani, alamat Desa Pulau dengan perkiraan kerugian kurang lebih 50 juta.

Lalu kerugian sawah di Desa Ulak Bandung, Gelung Sakti dan Tanjung Agung yang belum terdata dan jembatan penghubung Desa Ulak Bandung dan Pulau Putus roboh diterjang banjir.

Tercatat juga unit rumah warga Desa Benua Raja terendam banjir dan mengalami rusak ringan serta 20 kolam ikan. Sedangkan Desa Gelung Sakti 6 unit rumah warga terendan banjir dan mengalami rusak ringan.

Sementara banjir yang melanda 3 desa di Kecamatan Jarai setinggi lutut telah memasuki beberapa rumah warga dan merusak persawahan.

Personel Polsek Pajar Bulan dan Polsek Jarai dibantu Koramil setempat dan warga sekitar telah turun ke lokasi guna membantu dan mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir serta menyelamatkan perabot rumah tangga ke tempat yang lebih aman.

Mereka memberikan himbauan kepada masyarakat khususnya Desa Ulak Bandung, Pulau, Gelung sakti dan Pagar Kaya serta perkebunan di bukit Desa Tanjung agung agar waspada guna mengantisipasi lebih meluapnya sungai Lematang sehingga menyebabkan banjir dan tanah lingsor yang lebih besar. Saat ini curah hujan sudah berhenti dan debit air mulai surut.

Banjir di Desa Ulak Bandung, Pulau, Gelung Sakti, Pagar Kaya, ataran perkebunan di bukit Tanjung Agung Kecamatan Pajar Bulan dan Sukamerindu terjadi akibat tingginya curah hujan sehingga menyebabkan meluapnya air sungai Dendan dan tanah longsor.

Saat ini personel Polsek Pajar Bulan dan Jarai masih berada di lokasi untuk memantau situasi lebih lanjut. (Agusman)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.