Pemilu 2024, Pemkab Tubaba Pastikan Tidak ada Intervensi ASN

Sekretaris Daerah Kabupaten Tulangbawang Barat, Novriwan Jaya. (foto : nan)

Tubaba, Warta9.com – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat memastikan, tidak ada intervensi politik pada pemilihan umum (pemilu) 2024. Terkait netralitas pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi fokus perbincangan pada rapat koordinasi perkembangan politik daerah menjelang pesta demokrasi, di ruang rapat Bupati Tubaba, Senin (05/2/2024).

“Saya tidak mau mendengar ada laporan terkait netralitas ASN Pemkab Tubaba dalam pemilu, netralitas adalah dukungan untuk prinsip demokrasi dengan memastikan pelaksanaan pemilu yang adil, memilih secara bebas, sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi yang sehat,” kata Sekretaris Daerah Pemkab Tubaba dalam rapat tersebut.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, netralitas ASN mejadi simbol dalam mendorong masyarakat untuk berpartisipasi, baik dalam pemilihan presiden, legislatif pada 14 Februari mendatang.

Novriwan menekankan agar Pemerintah Daerah dapat memastikan tidak ada intervensi dan tekanan terhadap masyarakat. Masyarakat harus mempunyai hak yang sama dan mempunyai kebebasan untuk melakukan pemilihan baik Pilpres maupun Pileg tanpa ada unsur tekanan apapun.

“Dan tujuan akhir kita adalah bagaimana kita mendeteksi dini terkait pada hal-hal yang bisa menghambat proses pelaksanaan pemilu. Sekecil apapun permasalahan-permasalahan terkait proses pemilu jangan sampai ada pembiaran, karena ini sangat rentan,” tegasnya.

Dia juga meminta seluruh Perangkat Daerah khususnya camat dapat mendeteksi segala permasalahan-permasalahan terkait proses pemilu di daerahnya masing-masing, karena Pemerintah Daerah berkewajiban untuk menciptakan pemilu damai khususnya di Kabupaten Tubaba

“Kita semua juga berkewajiban untuk menjaga kondusifitas di Kabupaten Tubaba. Dan kita berkewajiban untuk menjamin pelaksanaan pemilu bisa berjalan dengan baik, aman dan damai,” pungkasnya. (Nan/Jon)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.