Pengantar Tugas Pj Bupati Tubaba Oleh Gubernur Lampung

Panaragan, Warta9.comAsisten III Bidang Administrasi Umum Pemerintah Provinsi Lampung Dr. Senen Mustakim, S.Sos. M.Si menjelaskan jabatan Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Tulangbawang Barat saat ini tidak terlepas dari jabatan induk.

“Jabatan induk Pj Bupati Muhammad Firsada adalah Kepala Kesbangpol Provinsi Lampung, yang mana harus bisa membagi waktu serta pemikiran dan sebagainya,” ucapnya saat memberikan sambutan mewakili Gubernur Lampung mengantar tugas Pj Bupati Tubaba yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati, Kantor Pemda Tubaba, Selasa (15/08/2023).

Bacaan Lainnya

Senen Mustakim memberikan gambaran tentang tugas-tugas pokok dan fungsi Pj Bupati Tulangbawang Barat meliputi:

1. Tugas Penjabat Kepala Daerah Berdasarkan Pasal 65 ayat (1) UU Nomor 23 Tahun 2014:

  • Memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD.
  • Memelihara ketenteraman dan mendukung masyarakat, menyusun dan mengajukan rancangan Perda tentang RPJPD dan rancangan Perda tentang RPJMD kepada DPRD untuk dibahas bersama DPRD, serta menyusun dan menetapkan RKPD.
  • Menyusun dan mengajukan rancangan Perda tentang APBD, rancangan Perda tentang Perubahan APBD, dan rancangan Perda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD kepada DPRD untuk dibahas bersama.

2. Wewenang Penjabat Kepala Daerah Berdasarkan Pasal 65 ayat (2) UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah:

  • Mengajukan rancangan Perda.
  • Dilarang Perda yang telah mendapat persetujuan bersama DPRD.
  • Perilaku Perkada dan keputusan kepala daerah.
  • Berwenang pihak lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan.

“Kami dari Pemerintah Provinsi Lampung hanya sebagai Pendukung dalam suatu peningkatan Roda Pemerintahan di seluruh Provinsi Lampung agar dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekdakab Tubaba Ir. Novriwan Jaya.SP memberikan ucapan selamat datang dan selamat bertugas di Kabupaten Tubaba kepada Pj Bupati Tubaba Drs. Muhammad Firsada, M.Si dan Ketua TP PKK Tubaba Dra. Hanita Farial, M.Si.

“Semoga dibawah kepemimpinan Bapak serta ibu di daerah berjuluk Ragem Sai Mangi Wawai ini, dapat terwujudnya sistem pemerintahan daerah yang lebih baik, serta dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di daerah yang sama-sama kita cintai ini,” ujarnya.

Novriwan menerangkan, demi menuju Tubaba yang dicita-citakan, Pemkab Tubaba butuh teman untuk menanamkan kebaikan di Tubaba.

“Kita perlu dapat bekerjasama di dalam semua kesempatan. Untuk itu kita berharap kepada Bapak Drs. Muhammad Firsada, M.Si dan Ibu Dra. Hanita Farial, M.Si khususnya. bisa menjadi teman kita menuju masa depan Kabupaten Tulang Bawang Barat yaitu Tubaba ,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Pj Bupati Tubaba mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Lampung yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Daerah Provinsi Lampung yang telah berkenan mengantarkan tugas sebagai Penjabat Bupati di Kabupaten Tubaba.

“Sebagaimana diketahui, pelantikan dan pengucapan sumpah janji Penjabat Bupati Tubaba telah dilaksanakan pada hari Senin 22 Mei 2023 kemarin dan bertempat di Balai Kratun Pemerintah Provinsi Lampung. Dengan demikian saya telah resmi menjalankan tugas sebagai Pj Bupati Tubaba. Dan sejak hari itu satu amanat besar telah Diletakkan di pundak saya, amanat untuk bersama seluruh anggota dewan, Stakeholder, seluruh masyarakat, berjuang bersama menghadirkan kesejahteraan bagi seluruh warga masyarakat di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai yang kita cintai ini,” katanya.

Pj Bupati Tubaba juga menyampaikan, amanah dan mandat yang sudah dipercayakan akan dipegang teguh dan dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam menjalankan tugas sebagai Penjabat Bupati Tubaba merupakan sebuah amanah dan tanggung jawab yang sangat besar yang dia emban.

“Untuk itu kami sangat mengharapkan adanya kerjasama yang baik dari semua pihak, khususnya jajaran Pemerintah Kabupaten Tubaba, Forkopimda dan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama saling mendukung guna menuju masa depan Kabupaten Tubaba,” tandasnya. (W9-Nan)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.