Riana Sari Arinal Hadiri Rakornas TP PKK se-Indonesia di Jakarta, Samakan Persepsi Kebijakan Pemerintah Melalui Gerakan PKK

 

Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari mengikuti Rakornas PKK tahun 2023 di Jakarta. (foto : ist)

Jakarta, Warta9.com — Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) TP PKK se-Indonesia Tahun 2023, di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (11/9/2023).

Rakornas yang mengusung tema “Terus Berkontribusi untuk Indonesia Maju” ini bertujuan menyamakan persepsi yang berkaitan kebijakan Pemerintah melalui Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) secara nasional.

Rakornas ini dihadiri Ketum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian, para Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ketua Tim Penggerak PKK Kota se-Indonesia, para Kepala Bappeda Provinsi dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi.

Selain tujuan umum, Rakornas ini bertujuan agar terinformasikannya kebijakan Kelembagaan dan Program Kerja PKK hasil Rakernas IX PKK Tahun 2021 secara operasional kepada Daerah; Terintegrasinya perencanaan dan pelaksanaan 10 (sepuluh) program Pokok PKK; dan Terwujudnya hubungan yang harmonis antara Tim Penggerak PKK Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Dalam Rakornas TP PKK juga dibahas
persoalan stunting yang semakin menjadi fokus Pemerintah. Selanjutnya juga memaksimalkan keberadaan Posyandu sebagai pusat pelayanan segi kesehatan.

Pada Rakornas kali ini juga disejalankan dengan Pengukuhan Ketua PKK Pusat sebagai Pembina Utama Posyandu Pusat, Ketua TP PKK Provinsi sebagai Pembina Utama Posyandu Provinsi dan Ketua TP PKK Kabupaten/Kota sebagai Pembina Utama Posyandu di Kabupaten/Kotanya masing-masing.

Acara Rakornas TP PKK Tahun 2023 berlangsung dua hari dengan acara sebagai berikut :
1. Senin, 11 September 2023, dihadiri secara lengkap seluruh peserta Rakornas TP PKK Tahun 2023, terdiri dari dua sessi, yakni, Pertama, pemaparan berbagai kebijakan program dari sejumlah Menteri dan Lembaga/ Badan mitra kerja TP PKK. Dan Kedua,perumusan dan rekomendasi hasil Rakornas TP PKK Tahun 2023.

2. Selasa, 12 September 2023, dengan peserta yang dikhususkan hanya bagi para Pendamping TP PKK Provinsi(Sekretaris, Bidang/ Pokja I, II, III, dan IV) untuk membahas dan menyepakati berbagai hal berkaitan dengan fungsi dan program masing-masing Pokja dan Sekretariat. Bertempat di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM Kemendagri, Jl. Kompleks Taman Makam Pahlawan No. 8, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. (W9-jam)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.