Tiga Jurnal FTK UIN Dapat Akreditasi dari Kemenristek Dikti

Bandarlampung, Warta9.com – Tiga jurnal di Fakuktas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Raden Intan Lampung telah mendapat akreditasi dari Kemenristek Dikti.

Sertifikat akreditasi jurnal, diserahkan oleh Kasubdit Fasilitas Jurnal Ilmiah Kemenristekdikti Dr. Lukman kepada Dekan FTK UIN Prof. Dr. H. Chairul Anwar, MPd, melalui pengelola jurnal, di Fakultas Hukum Universitas Lampung, Rabu (1/8/2018).

Menurut Dekan FTK Prof Chairul Anwar, pada Tahun 2018 ini, ada tiga jurnal FTK UIN yang mendapatkan akreditasi dari Kemenristek Dikti yaitu Jurnal Al Biruni di peringkat 2, Jurnal Tadris di peringkat 3, dan Jurnal Al Bayan di peringkat 4. Jurnal yang sudah terakreditasi itu berlaku selama 5 tahun.

Prof Chairul Anwar mengaku sangat bersyukur tiga jurnal di fakuktas yang dipimpin mendapat akreditasi. Karena menurut dia, Kemristekdikti melalui Permenristekdikti Nomor 20 tahun 2017 telah mengatur agar dosen lebih produktif meneliti dan mempublikasikan penelitian, karenanya keberadaan jurnal sangat penting.

Sebab, dosen berpangkat lektor kepala minimal harus memublikasikan 1 karya di jurnal internasional setiap 3 tahun. Adapun profesor minimal harus memublikasikan 3 penelitian di jurnal internasional setiap 3 tahun.

Seiring dengan berjalannya waktu karya ilmiah dosen di FTK relatif makin baik. Apalagi sejak diberlakukannya regulasi pemerintah, yang mewajibkan mahasiswa S1, S2 hingga S3 untuk menulis artikel di jurnal ilmiah sebagai salah satu prasyarat kelulusan. Dosen tentunya semakin besar tuntutannya untuk lebih aktif menulis di jurnal ilmiah baik di tingkat nasional terakreditasi maupun jurnal internasional bereputasi. (W9-jam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.