oleh

Universitas Teknokrat Siapkan Mahasiswa Mampu Bersaing Dalam Dunia Kerja

Mahasiswa FTIK Universitas Teknokrat Indonesia PKL di United Tractors. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com -Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Sumatera menyiapkan mahasiswa yang mampu bersaing di dunia kerja. Untuk tercapainya hal tersebut salah satunya adalah mahasiswa wajib melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Perusahaan-perusahaan di Bandar Lampung mengapresiasi mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Teknokrat Indonesia (UTI). Mahasiswa FTIK UTI sangat membantu perusahaan pada saat PKL karena sebelum dilaksanakan PKL mahasiswa dibekali oleh keterampilan untuk menunjang kebutuhan PKL.

PKL wajib bagi mahasiswa UTI, karena PKL adalah mata kuliah. PKL ini memiliki nilai SKS-nya tersendiri, sehingga mahasiswa wajib mengambil mata kuliah ini. “Program PKL di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia ini dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya, yang terbagi dalam tiga periode yaitu setelah semester ganjil, semester genap dan semester pendek. Diperuntukan bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan 100 SKS. Program PKL ini juga merupakan program wajib untuk dapat menyusun skripsi sebagai syarat kelulusan,” kata Muhaqiqin, S.Kom., MTI, selaku koordinator PKL.

Muhaqiqin menjelaskan, tujuan utama PKL yang diselenggarakan oleh UTI yaitu untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan dari setiap mahasiswa yang mengikuti program tersebut. Tidak hanya itu, pengalaman yang didapat juga diharapkan mampu meningkatkan daya saing mahasiswa UTI dalam dunia kerja nantinya.

Lebih jauh, pogram PKL memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengetahui kehidupan dan situasi kerja dan apa yang dilakukan di tempat kerja dengan kata lain PKL memberikan mahasiswa pemahaman tentang etos kerja, profesionalisme, disiplin kerja, cara berkomunikasi, melatih keterampilan mahasiswa dalam bidang kajian yang ditekuninya, dan mengasah kemampuan mahasiswa dalam pemecahan masalah terutama di tempat kerja, serta menambah keterampilan mahasiswa dan memaksimalkan potensi yang ada dalam diri mahasiswadan lainnya;. Di sisi lain, PKL juga memberikan ruang kepada mahasiswa untuk menerapkan keilmuan dan pengetahuannya selama perkuliahan. Kemudian, PKL mampu meningkatkan hubungan kerja sama antara kampus dan instansi yang menjadi tempat PKL mahasiswa sehingga terjadi kolaborasi antara mahasiswa, perguruan tinggi, dan perusahaan/lembaga, instansi yang menjadi tempat magang.

Dibekali Keterampilan
Setiap mahasiswa yang akan melaksanakan Program PKL selain mendapatkan mata kuliah sesuai dengan program studinya masing-masing, mahasiswa juga telah dibekali berbagai keterampilan yang juga menjadi syarat wajib mahasiswa sebelum melaksanakan PKL. Keterampilan yang diberikan seperti penggunaan Aplikasi Komputer yang diperlukan di dunia kerja yakni: microsoft office, myob dan juga desain grafis.

Selain itu keterampilan berkomunikasi dan kemampuan dasar pemasaran serta keterampilan kesekretarisan seperti surat menyurat, dokumentasi data dan mengatur rapat, juga harus sudah dikuasai oleh mahasiswa. Selain keterampilan tersebut mahasiswa yang akan PKL juga mendapatkan pembekalan mengenai dunia kerja baik dari pihak internal Universitas Teknokrat Indonesia maupun ekternal (instansi pemerintah dan perusahaan).

FTIK UTI melaksanakan program PKL setiap tahunnya yang dibagi dalam tiga periode, yaitu semester ganjil, semester depan dan semester pendek. PKL Periode semester ganjil yang sudah dimulai sejak bulan November 2021 dan baru saja berakhir pada Januari 2022. Dalam periode PKL ganjil ini terdapat 95 orang mahasiswa dari FTIK UTI yang terdiri dari Program Studi S1 Informatika, S1 Sistem Informasi, S1 Teknologi Informasi, S1 Teknik Komputer, S1 Teknik Elektro, dan S1 Teknik Sipil yang mengikuti PKL dan melibatkan sebanyak 51 mitra perusahaan yang terdiri dari instansi pemerintah, BUMN, dan perusahaan swasta.

Wakil Dekan FTIK Bidang Akademik Dr. Dedi Darwis, S.Kom, M.Kom, mengatakan, FTIK mengapresiasi dan mendukung kegiatan PKL mahasiswa FTIK Universitas Teknokrat Indonesia sebagai pembuktian bahwa ilmu yang didapatkan mahasiswa FTIK pada saat kuliah mampu diimplementasikan pada dunia kerja sesuai dengan bidangnya. Sehingga saat mereka menyelesaikan studinya siap untuk terjun di dunia kerja. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed