Peduli Dampak Covid-19, IKAPTK Lampung Adakan Bakti Sosial

Penyerahan bantuan sembako yang dilakukan oleh Ketua IKAPTK Lampung dalam kegiatan sosial. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Peduli dan membantu masyarakat kurang mampu dilakukan oleh Dewan Pengurus Provinsi Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (DPP-IKAPTK) Provinsi Lampung dengan mengadakan bakti sosial untuk masyarakat terdampak Covid-19.

Ketua DPP IKAPTK Provinsi Lampung, Drs. H. Sulpakar, MM, secara resmi membuka kegiatan bakti sosial, Sabtu (4/9/2021), ditandai dengan pembagian paket sembako.

Sulpakar juga Kadis Dikbud ini menyampaikan, IKAPTK Lampung merupakan perkumpulan dari alumni APDN, STPDN, IIP, dan IPDN. “Kegiatan bakti sosial ini selaras dengan arahan Bapak Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang mengharapkan ASN  yang punya kemampuan untuk membantu masyarakat dalam suasana pandemi Covid-19,” ujar Sulpakar, didampingi Sekretaris IKAPTK Lampung Drs. Aswarodi.

Lebih lanjut Sulpakar mengatakan, IKAPTK yang beranggotakan ASN aktif dan pensiunan ini, bersama-sama mengoordinasikan apa yang menjadi arahan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, yang juga sebagai Ketua Dewan Pembina IKAPTK Lampung. Mereka kemudian melakukan bakti sosial berupa pemberian sembako, kemudian pemberian bantuan sejumlah uang kepada yatim, piatu, dan yatim piatu yang disebabkan orang tuanya meninggal karena Covid-19.

Adapun rangkaian kegiatan lainnya yaitu melakukan bedah rumah, membantu masyarakat kita yang memiliki rumah tidak layak huni dan tanahnya adalah kepemilikan pribadi. Dalam melaksanakan kegiatan bedah rumah, IKAPTK Lampung membangkitkan semangat gotong royong.

Pasalnya, di dalam pengerjaannya tidak memberikan upah, sehingga diharapkan warga sekitar saling bantu-membantu, bahu-membahu untuk memperbaiki atau mendirikan rumah yang mendapatkan bantuan ini atas kebersamaan kita dengan masyarakat.

“Tentunya juga diharapkan kegiatan ini dapat menggugah bagi teman-teman yang punya kemampuan untuk melakukan kegiatan yang sama, sehingga dampak Covid-19 ini tidak terlalu dirasakan oleh masyarakat. Paling tidak mereka terhibur bahwa di kiri kanan mereka di tengah-tengah mereka ada saudara-saudara yang masih punya rasa kepedulian terhadap mereka yang terkena dampak Covid-19,” tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris IKAPTK Lampung Aswarodi menambahkan, rangkaian kegiatan baksos IKAPTK Lampung berlangsung selama dua hari 4-5 September 2021.

Kegiatan diawali acara pelepasan tim distribusi Bantuan sekaligus sebagai tanda dimulainya kegiatan aksi peduli oleh Ketua DPP IKAPTK Lampung.

Selanjutnya dilaksanakan penyerahan bantuan bedah rumah warga sekaligus peletakan batu pertama oleh Ketua beserta perwakilan dari anggota DPP IKAPTK Lampung, sebagai tanda
dimulainya kegiatan bedah rumah, yang berlokasi di Jalan Harimau 5 LK III RT/RW. 004 Sukamenanti Baru, Kedaton, Kota Bandarlampung.

Kemudian membagikan sembako kepada masyarakat terdampak Covid- 19 di antaranya ialah driver ojek online, tukang becak yang ada di sekitaran Gudang Lelang dan Jalan Yos Sudarso Telukbetung untuk warga di Pulau Pasaran, dan warga di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Bakung.

Untuk di TPA Sampah Bakung diberikan juga bahan sayur-sayuran dan lauk pauk, yang juag merupakan program Gerakan Saatnya Ikut Bergerak untuk Rakyat (Siger). Program Siger diluncurkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung yang juga Penaihat Dharma Wanita Persatuan Provinsi Lampung Riana Sari Arinal beberapa waktu lalu. Tujuannya  membantu masyarakat yang membutuhkan terutama di tengah masa pandemi Covid-19.

Pada hari selanjutnya dilaksanakan kegiatan fogging, kemudian memberikan santunan kepada anak yatim/piatu, yang orang tuanya meninggal karena terpapar Covid-19 sebanyak 5 keluarga. Adapun yang diberikan ialah sembako dan santunan uang tunai.

Puncak acara bakti sosial DPP IKAPTK Lampung dilaksanakan penyerahan bantuan paket sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19 kepada sejumlah awak media dan kelompok penyandang disabilitas
yang berlangsung di Dapur Difabel. (W9-jam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.