PKB Lampung Gelar Vaksinasi Massal di Tiga Pondok Pesantren di Lamtim

Anggota Fraksi PKB DPRD Lampung Novrrisman Subing memonitor vaksinasi massal di pondok pesantren. (foto : ist)

Lampung Timur, Warta9.com – Masyarakat Lampung Timur terlihat antusias mengikuti vaksinisasi Covid-19 yang digelar Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Lampung di tiga pondok pesantren di Lampung Timur. Terlihat sejak pagi para santri dan masyarakat mulai mendatangi tempat vaksinisasi.

“Tiga pondok yang mengelar vaksin PKB yakni Pondok Pesantren Raden Katon, Desa Merandung Sari, Sekampung Udik yang dijatah 500 dosis vaksin, Ponpes Darul Ulum Sumbergede Sekampung (410) dan Ponpes Al Huda di Desa Tulung Balak, Batanghari Nuban (500). Total seluruhnya 1.410 dosis vaksin,” kata Wakil Ketua DPW PKB Lampung, H. Noverisman Subing kepada wartawan, Sabtu (16/102021).

Voverisman Subing anggota Fraksi PKB DPRD Lampung yang menyaksikan secara bergiliran pelaksanaan vaksin di tiga pondok itu menilai bahwa antusias masyarakat Lampung Timur untuk divaksin bukti bahwa mereka tidak takut untuk divaksin. Dan yang tak kalah penting adalah vaksin itu sudah menjadi kebutuhan masyarakat akan kesehatan.

Menurut Nover, sapaan akrab Novrrisman Subing, panitia pelaksana vaksinisasi Covid-19 di Pondok Pesantren Raden Katon Desa Merandungsari, Kecamatan Sekampung Udik, Lampung Timur sempat kewalahan mengatur masyarakat yang datang untuk di vaksin.

Pelaksanaan vaksin yang semula dijadwal pukul 08.00 WIB molor satu jam menjadi pukul 09.00 WIB menunggu agar masyarakatnya benar-benar tertib dan tidak berkerumun.

Setelah melalui pendekatan secara kekeluargaan akhir masyarajat bisa menertibkan dirinya masing-masing serta mengikuti arahan panitia dan petugas kesehataj dwri Puskesmas Sekampung Udik dan Puskesmas Marga Tiga.

Vaksin yang disiapkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) diperuntukan bagi santri dan masyarakat umum itu sebanyak 500 vaksin dibagi dalam dua sesi, sesi pertama dimulai dari pukul 09.00 hingga pukul 12.00 WIB dan sesi kedua 13.00 WIB hingga selesai.

Kecamatan Sekampung
Sementara itu, pelaksanaan vaksinisasi yang dilaksanakan DPW PKB di Pondok Pesantren Darul Ulum di Desa Sumber Gede, Kecamatan Sekampung, Lampung Timur berjalan lancar, aman, tertib serta menjalankan protokol kesehatan dengan ketat.

Panitia dan petugas vaksinator dari Puskesmas Sekampung bahu- membahu membimbing para santri dan masyarakat umum ke petugas untuk di data, skrining, dan observasi, apabila masyarakat dinyatakan benar-benar sehat baru dipersilahkan untuk di vaksin.

Setelah divaksin masyarakat diminta untuk bersabar sejenak menunggu petugas vaksinator mendata indentitas mereka agar data masyarakat yang telah divaksin terdata secara nasional, baru dipersilahkan pulang ke rumahnya masing-masing.

Di pondok pesantren itu DPW PKB menyediakan 410 dosis vaksin dan mulai dilaksanakan vaksinisasi pukul 09.00 dan berakhir pukul 11.00 WIB.

Batanghari Nuban
Pengasuh pondok pesantren Al Huda di Desa Tulung Balak, Batanghari Nuban KH. Nurholis mengucapkan syukur dan terimakasih kepada PKB yang telah memberikan vaksin kepada santri dan masyarakat umum.

Ia berharap vaksin tahap pertama ini bisa kembali digelar di pondoknya atau di desa yang berdekatan agar masyarakat yang tidak kebagian divaksin bisa segera divaksin.

Begitu juga yang disampaikan Aji Suralaga Kepala Desa Tulung Balak, hanya ucapan terimakasih pada PKB yang telah memberikan vaksin, terus terang jumlah 500 itu masih sedikit apabila dibandingkan dengan jumlah penduduk yang mencapai tiga ribu jiwa. “Saya ber harapan PKB bisa memberikan vaksin kembali kepada kami,” ujar KH. Nurkholis. (W9-jam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.