oleh

Kemahasiswaan Universitas Teknokrat Peringkat Nasional, Predikat Pemeringkatan Universitas “Baik Sekali”

Bandarlampung, Warta9.com – Bidang kemahasiswaan Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik di Sumatera masuk peringkat nasional pada tahun 2021. Berdasarkan Sistem Pemeringkatan Bidang Kemahasiswaan (Simkatmawa) PTN dan PTS se-Indonesia yang dikeluarkan oleh Kemedikbudristek RI pada tahun 2021, Universitas Teknokrat Indonesia menempati peringkat 9 nasional.

Sesuai dengan surat Kemendikbudristek RI nomor 6978/E2/KM.12/2021 tertanggal 3 Desember 2021, menjelaskan bahwa Simkatmawa merupakan evaluasi dari Kemendikbudristek dalam bentuk penilaian kinerja dan pemeringkatan bidang kemahasiswaan yang sekaligus menjadi wahana bagi Perguruan Tinggi melaporkan prestasi-prestasi mahasiswa dan institusi bidang kemahasiswaan terkait.

“Alhamdulillah Bidang Kemahasiswaan Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Sumatera meraih peningkatan prestasi dalam Sistem Pemeringkatan bidang Kemahasiswaan (Simkatmawa) PTN dan PTS se-Indonesia yang dikeluarkan oleh Kemedikbud-Ristek RI pada tahun 2021,” ujar Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Muhammad Najib Dwi Satria, S.Kom, MT, dalam keterangan tertulis yang disampaikan ke Warta9.com, Jumat (7/1/2022).

Najib menjelaskan, pada tahun 2020 peringkat 155 Nasional dan di tahun 2021 terjadi peningkatan Kemahasiswaan Universutas Teknokrat Indonesia meraih Peringkat Nasional 94 PTN PTS se-Indonesia; di Liga 3 menempati peringkat 9 Nasional, Predikat Pemeringkatan Universitas “Baik Sekali”.

Lebih lanjut Najib menyampaikan, lima Aspek Penilaian Simkatmawa
Luar Biasa Pencapaian Universitas Teknokrat Indonesia berhasil menembus Top-100 (Peringkat 94 Nasional).

Najib menjelaskan, presatsi yang diraih UTI ini didasarkan atas penilaian 5 aspek utama yaitu ; 1) Aspek Kelembagaan Kemahasiswaan, 2) Aspek Sumber Daya Manusia, 3) Aspek Sarana dan Prasarana, 4) Aspek Pembiayaan, 5) Aspek Penghargaan Prestasi.

Lebih rinci Najib menjelaskan, Aspek Kelembagaan Kemahasiswaan dengan indikator Kebijakan Kampus Merdeka – Merdeka Belajar, Regulasi Pembinaan Mahasiswa, Beasiswa/Bantuan Biaya Pendidikan, Layanan Kesehatan, Konseling Mahasiswa, Program Pembinaan Kewirausahaan Mahasiswa, Pengembangan Pusat Karir.

Kemudian, Aspek Sumbar Daya Manusia dengan indikator
Level Kelembagaan Bidang Kemahasiswaan dan Tupoksi Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Aspek Sarana dan Prasarana meliputi indikator: Terdapat gedung/ruang sekretariat untuk setiap organisasi kemahasiswaan, Terdapat portal kemahasiswaan yang terintegrasi dengan portal utama perguruan tinggi, Terdapat sarana prasarana kegiatan/latihan mahasiswa dalam bidang olahraga, Terdapat sarana prasarana kegiatan/latihan mahasiswa dalam bidang pengembangan Seni dan budaya, Terdapat sarana prasarana kegiatan dan pengembangan kompetensi mahasiswa bidang penalaran dan kreativitas.

Sedangkan Aspek Pembiayaan, Penilaian aspek pembiayaan, merupakan alokasi anggaran kemahasiswaan yang dialokasikan oleh perguruan tinggi untuk pembinaan dan pengembangan kegiatan kemahasiswaan (tidak termasuk beasiswa). Selanjutnya Aspek Penghargaan Prestasi, meliputi: Terdapat peraturan pimpinan perguruan tinggi atau pejabat yang berwenang disertai dengan buku panduan yang mengatur pemberian penghargaan terhadap prestasi mahasiswa, Terdapat surat keputusan pemberian penghargaan prestasi mahasiswa sebagai wujud implementasi dari peraturan pimpinan pemberian penghargaan terhadap prestasi mahasiswa, Terdapat peraturan pimpinan perguruan tinggi atau pejabat yang berwenang disertai dengan buku panduan ekuivalensi prestasi dengan nilai akademik mahasiswa.

Atas prestasi yang diraih dalam bidang kemahasiswaan, Najib mengucapkan terimakasih kepada Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM Nasrullah Yusuf, SE., MBA, atas semua bentuk dukungan dan arahan yang telah diberikan. Selanjutnya mengucapkan terimakasih kepada Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknokrat Indonesia, pada bidang kemahasiswaan atas kolaborasinya, yang telah membimbing serta membina mahasiswanya dalam bidang kemahasiswaan dalam bentuk kegiatan, perlombaan kompetisi, riset mahasiswa dan juga pengabdian Mahasiswa kepada masyarakat.

“Semoga ditahun berikutnya kegiatan dan capaian ini bisa terus dipertahankan serta kita tingkatkan kembali untuk mencapai pemeringkatan yang lebih baik lagi di tingkat Nasional,” ujar Najib.

Sementara itu, Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahathir Muhamamd, SE., MM, menyampaikan selamat kepada bidang kemahasiswaan semoga prestasi yang telah diraih dapat ditingkatkan menjadi yang lebih baik lagi. Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Sumatera sangat mendukung semua kegiatan yang dilaksanakan oleh bidang kemahasiswaan. (W9-jam).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed