oleh

Agus Istiqlal Hadiri Acara Peringatan Gebyar Muharram

Momentum perayaan hari besar islam di Pondok Pesantren Modern Nurul Huda Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

Pesibar, Warta9.com – Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, diwakili Asisten III Bidang Administrask Umum, Ir. Hasnul Abror Sanusi, MP, menghadiri acara Peringatan Hari Besar Islam dan Satunan Anak Yatim Piatu, Minggu (29/8/21).

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekcam Pesisir Selatan, Para Alim Ulama, Peratin se-Kecamatan Pesisir Selatan, para tamu undangan, dan 154 anak yatim yang mendapat santunan, berlangsung di Pondok Pesantren Modern Nurul Huda yang bertempat di Pekon Marang kecamatan Pesisir Selatan.

Dalam sambutannya, Ir Hasnul Abror Sanusi, MP. menyampaikan, pada hari ini kita bersama-sama memperingati tahun baru hijriyah, salah satu momentum yang penting dalam sejarah perjuangan agama dan umat islam, kalender hijriyah, yang janin kelahirannya diprakarsai oleh sahabat besar umar ibnu al-khottob al-faruq, berkait lekat dengan peristiwa hijrrah.

Bahkan tahun permulaan dari kalender ini merujuk pada kisah dimana Rasullullah SAW berserta iringan sahabat beliau yang setia mengayunkan langkah dari Mekkah menuju yatstrib, kemudian masyhur dikenal sebagai kota sang nabi Al – Madinah.

Kemudian target pencapaian dakwah nabi salallohu alaihi wa salam berkisar diantara pembentukan watak, pembangunan mental, dan penataan keimanan serta ketakwaan kepada Allah SWT. Maka sebaliknya di madinah nabi membangun sebuah bangsa yang tercerahkan, sekalian merajut peradaban yang dibanggakan.

Peringatan gebyar muharram ini dilaksanakan secara sederhana, akibat dari pandemi covid-19, namun pada hakikatnya tidak mengurangi makna dan nilai dari gebyar muharram ini bagi kita semua.

“Pada peringatan gebyar muharram ini marilah bersama-sama kita kembali kepada nilai-nilai ilahi dan moralitas Qur’ani, serta berpegang teguh kepada akhlak ahlussunnah wal jama’ah. Bersama dengan itu, kita tingkatkan kualitas kehidupan kita dengan menambah deretan prestasi dan bukan hanya bisa mencoretkan catatan buruk atau lukisan hitam belaka,” ujar dia.

Ir Hasnul Abror Sanusi,MP. juga menyampaikan atas nama Pemkab Pesisir Barat sangat mendukung serta mengucapkan terimakasih kepada segenap panitia pelaksana dan keluarga besar yayasan Pondok Pesantren Modern Nurul Huda atas terlaksanakannya acara peringatan hari besar islam dan santunan yatim piatu se-kecamatan Pesisir selatan.

Ia mengajak seluruh masyarakat dilingkup Pemkab Pesibar untuk meningkatkan kegiatan ini dengan beramal sebagian hartanya yang dapat disalurkan kepada anak yatim piatu.

“Saya berharap melalui acara ini kita dapat menumbuhkan rasa kekompakan dan kepedulian pada sesama. Terlebih ditengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, tentunya harus lebih digelorakan semangat dalam tolong-menolong,” tutupnya. (Eva)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed