oleh

Gratis, Distan Pesisir Barat Gelar Vaksinasi Rabies

Petugas Kesehatan hewan menyuntikkan vaksin rabies.

Pesibar, Warta9.com – Dinas Pertanian (Distan), Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), sejak Agustus lalu mulai melaksanakan vaksinasi rabies disejumlah wilayah pekon sasaran pelaksanaan vaksinasi untuk hewan penular rabies (HPR).

Kabid Peternakan Mesrawan, mendampingi Plt.Kepala Dinas Pertanian, Unzir mengatakan, pada bulan bhakti rabies tahun 2021, pihaknya kembali melaksanakan vaksinasi rabies secara gratis pada seluruh pekon sasaran yang dilakukan secara bertahap.

“Vaksinasi gratis yang kita laksanakan sudah sejak akhir Agustus lalu dan akan berlangsung hingga akhir September nanti, pelaksanaan di masing-masing pekon sesuai dengan jadwal yang dilaksanakan,” kata dia.

Dijelaskannya, kemarin pelaksanaan vaksinasi rabies tersebut menyasar HPR yang berada di sejumlah pekon di Kecamatan Lemong dan Kecamatan Pesisir Utara, terdapat dua tim kesehatan hewan yang turun langsung kelapangan.

“Ada dua tim yang melaksanakan vaksinasi rabies tersebut, dua tim itu semuanya merupakan petugas kesehatan hewan dan dalam pelaksanaanya dilapangan sudah ada jadwal dan lokasi masing-masing,” jelasnya.

Selanjutnya, pihaknya menyiapkan 1500 dosis vaksin yang akan menyasar 1500 HPR mulai dari anjing, kucing, kera hingga musang, dimana sejumlah hewan tersebut merupakan penular penyakit rabies.

“Dengan adanya vaksinasi rabies tersebut untuk mencegah terjadinya penularan rabies yang bisa dilakukan antaran HPR ke HPR tapun dari HPR ke manusia melalui gigitan,” terangnya.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan vaksinasi rabies tersebut, kasus gigitan HPR dan penularan rabies di Kabupaten Pesbar bisa dicegah, sehingga tidak ada kasus gigitan tauaun penularan rabies.

“Kegiatan ini memang rutin kita lakukan setiap tahunnya, hal itu untuk mencegah terjadinya penularan rabies, apalagi sasaran kita memang daerah yang memang memiliki HPR dengan jumlah yang banyak,” tandasnya. (Eva)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed