KKN di Tiyuh Balak Pasar, Mahasiswa Unila Telah Melaksanakan Berbagai Program

 

Mahasiswa Unila peserta KKN di Tiyuh Balak Baradatu. (foto : ist)

Way Kanan, Warta9.com – Mahasiswa Universitas Lampung (Unila) dari berbagai fakultas telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), di Tiyuh Balak Pasar Baradatu Kabupaten Way Kanan.

Tiyuh Balak memiliki beberapa kelurahan sehingga masyarakat sering menyebutnta “Tiyuh Pasar”, dikarenakan posisi bertepatan dengan pasar.

Dosen pembimbing KKN Apt. Ihsanti Dwi Rahayu, M.S. Farm, menjelaskan, Tiuh Balak Pasar merupakan kelurahan di wilayah Baradatu, Way Kanan yang memiliki letak strategis dan sudah masuk wilayah berkembang. Sehingga perlu ditingkatkan lagi perkembangannya demi kemajuan masyarakat bersama.

Ihsanti menjelaskan, selama melaksanakan KKN di Baradatu mahasiswa setidaknya telah melaksanakan delapan program.

Salah satu mahasiswa peserta KKN Ghaza Ahmad Al Ghifari, mengaku sangat senang melaksanakan KKN di Tiyuh Pasar Baradatu. “Kenangan dan kebersamaan kami selama 40 hari bersama, dengan berbagai lintas jurusan yang berbeda, menjadikan kami satu keluarga yang diisi mahasiswa semester enam, yang berisikan tujuh orang,” ujar Ghaza.

Mahasiswa yang melaksanakan KKN di Tiyuh Pasar yaitu; Ghaza Ahmad Al Ghifari, Fuad Fadillah dan Arlin Febrianti dari Fakultas Kedokteran, prodi Pendidikan Kedokteran UNILA. Andani Dewanti Susanti dan Aulia Junita dari mahasiswa Fakultas Hukum UNILA. Rahmah Maziyah Ad-Dhuha dari mahasiswa Fakultas Teknik, prodi Arsitektur UNILA. Dan Firsandini dari mahasiswa Fakultas Sosial Politik, prodi Hubungan Internasional UNILA.

Masih menurut Ghaza, dengan berbagai program kerja dari lintas jurusan yang berbeda-beda menjadikan peserta KKN bersatu dengan berbagai program untuk membantu membangun kelurahan Tiuh Balak Pasar menjadi kelurahan yang lebih aware dalam hal kesehatan bagi masyarakatnya. Pentingnya pembelajaran mengenai kepercayaan diri public speaking dalam remaja, perbedaan antara candaan dengan bullying pada anak usia 10-12 tahun dan penyediaan layanan masyarakat seperti akta catatan sipil dan peta administasi desa.

Beberapa program kerja KKN Tiyuh Balak Pasar 2024 yang sudah terlaksana, sebagai berikut :

1. Sosialisasi mengenai pentingnya pengendalian terhadap Hipertensi, Diabetes Mellitus, Tuberkulosis terhadap lansia dan kader posyandu lansia.

2. Sosialisasi mengenai pentingnya pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

3. Sosialisasi mengenai pentingnya pengetahuan terhadap isu kesehatan stunting dan risiko stunting pada ibu hamil sebagai bentuk pengedalian.

4. Edukasi Pentingnya kemampuan public speaking dan negosiasi pada remaja.

5. Edukasi Perbedaan Candaan dengan Bullying/Kekerasan.

6. Edukasi Alur Pembuatan Akta Catatan Sipil.

7. Pembuatan Peta Administrasi Keluruhan Tiuh Balak Pasar.

8. Pembuatan tempat sampah warga sebagai program kerja unggulan bentuk dari Perwujudan Lingkungan Hidup yang Baik dan Sehat.

“Selain itu, ada kegiatan produktif lainnya dengan masyarakat, kami ikut serta dalam pengajian yang rutin dilakukan, belajar sambil bermain bersama anak-anak usia 7-12 tahun yang tingal berdekatan dengan posko kami. Serta mengunjungi Curug sebagai salah satu wisata alam yang ada di daerah Kabupaten Way Kanan,” tambah Ghaza.

Ketujuh mahasiswa peserta KKN yang melaksanakan KKN di Tiyuh Balak Pasar mengucapkan terimakasih banyak kepada Lurah Tarmizi, S.H, Aparatur kelurahan, Ibu bidan dan kader Posyandu, masyarakat Tiyuh Balak Pasar, dan dosen pembimbing.

Mahasiswa menilai dosen pembimbing Apt. Ihsanti Dwi Rahayu, M.S. Farm, telah memberikan dukungan, kontribusi dan membantu kami dalam menyukseskan program kerja yang telah dibuat.

“Terima kasih kepada Universitas Lampung yang telah menjadikan Kelurahan Tiyuh Balak Pasar sebagai lokasi mahasiswa KKN Gelombang 1 Tahun 2024. Terima kasih kepada adik-adik mahasiswa/i yang telah dapat mengembangkan Ilmunya dan berbaur dengan masyarakat Kelurahan Tiyuh Balak Pasar. Mohon maaf atas nama pribadi & Masyarakat Tiuh Balak Pasar ,jika sepanjang kehadiran adik-adik mahasiswa/i terdapat hal-hal yang kurang berkenan,” ungkap Tarmidzi, Lurah Tiyuh Balak Pasar. (W9-jm)

 

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.