Kunjungan Wisata Lampung Terbesar Ketiga di Sumatera

 

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi

Bandarlampung, Warta9.com – Jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi Lampung menempati urutan ketiga terbanyak di Sumatera.

Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djunaidi, dalam Refleksi akhir tahun 2023, Senin (18/12), menjelaskan, hingga September tahun 2023, kunjungan wisatawan mencapai 10,26 juta orang.

Arinal mengatakan, Lampung sebagai tujuan wisata dan Lampung Kaya Festival. Ini dibuktikan kunjungan wisatawan hingga September 2023 mencapai 10,26 juta wisatawan, yaitu meningkat 123% dibandingkan tahun 2022 dan Provinsi Lampung menjadi daerah kunjungan wisata terbesar ke-3 se-Sumatera.

Pengembangan Industri Pengolahan, Ekonomi Kreatif, UMKM, dan Koperasi, Sinergi program menghasilkan jumlah UMKM yang terus meningkat mencapai 27,30% pada tahun 2022 dengan jenis produk yang semakin beragam dan indeks produksi juga meningkat.

Gubernur Arinal menjelaskan, peningkatan itu merupakan dampak dari adanya jalan tol trans sumatera (JTTS). “Dengan adanya jalan tol, saudara-saudara kita banyak yang berkunjung ke pantai di Lampung,” jelasnya.

Selain Sumsel, banyak wisatawan dari Jambi, Bengkulu yang berkunjung untuk menikmati destinasi wisata di Lampung. “Biasanya Sabtu Minggu itu penuh. Bahkan, sangat susah cari hotel di Lampung,” sebutnya.

Arinal menilai, dengan meningkatnya jumlah wisatawan, merupakan pertanda baik untuk kebangkitan perekonomian Lampung.

Terlebih, Lampung memiliki banyak destinasi wisata. Mulai dari pantai, hutan, gunung dan lainnya.

Meski demikian, menurut Arinal, perlu adanya peningkatan infrastruktur untuk mendukung wisata Lampung. “Ini kita perlu penambahan jalur penerbangan ke Krui yang menurut saya menjanjikan untuk wisatawan,” jelasnya. (W9-jm)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.