Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1439 H Jatuh Besok

Jakarta – Pemerintah menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah jatuh pada Jumat (15/6). Penetapan ini berdasarkan sidang isbat yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kementerian Agama, Kamis (14/6). Dari sidang isbat diketahui hilal sudah terilihat.

Dikutif dari siaran langsung tvone, Lukman mengatakan ada 12 petugas Kementerian Agama yang mengaku telah melihat hilal dalam pantauan mereka. Mereka telah disumpah terkait dengan kesaksiannya itu.

“Seluruh peserta sidang isbat sepakat bahwa malam ini telah memasuki 1 Syawal 1439 H, besok kita akan melaksanakan Shalat Id,” kata Menteri Lukman saat memberikan keterangan pers di Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Sidang diawali dengan pemaparan dari tim hisab dan rukyat Kemenag tentang posisi hilal. Kemenag juga menempatkan tim pemantau hilal di 97 titik seluruh wilayah Indonesia.

Berdasarkan hasil hisab, hilal terlihat di posisi 7,34 derajat, jarak busur bulan ke matahari 6,04 derajat. “Dengan seperti itu, maka keberadaan hilal telah memasuki kriteria imkanu rukyat,” tutupnya. (W9-jon)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.