Pemkab Mesuji Siap Hadapi Dampak Fenomena El Nino

Mesuji, Warta9.com – Pemkab Mesuji bergerak cepat menyiapkan langkah mengatasi fenomena terkait suhu muka laut yang terjadi di Samudera Pasifik yaitu El Nino. Hal ini terbukti dalam rapat koordinasi pengendalian dampak El Nino yang dipimpin Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar di Balai Desa Mulya Agung Kecamatan Simpang Pematang, Kamis (07/09/2023).

Sulpakar membentuk tim untuk meningkatkan peran serta Pemkab Mesuji dan Forkopimda bersama masyarakat menangani fenomena El Nino hingga di tingkat kecamatan dan desa.

Bacaan Lainnya

Sulpakar menyampaikan kekeringan di beberapa desa di kecamatan se-Kabupaten Mesuji telah terjadi dan ini masuk dalam kategori siaga, dimana masalah ini tentu berkaitan dengan ketersediaan air bersih di masyarakat.

“Kita segera melakukan pendistribusian air bersih untuk membantu dan melindungi serta meringankan beban masyarakat akibat susahnya air bersih,” ujar Sulpakar.

Dampak El Nino terhadap pertanian mulai dirasakan di berbagai tempat, selain itu debu sangat bermasalah sehingga potensi penyakit ISPA dan diare memungkinan terjadi. Untuk itu Dinas Kesehatan dan Puskesmas serta Kecamatan kebut membagikan masker untuk pengguna jalan roda dua, Damkarmat dan BPBD tetap melaksanakan penyiraman jalan untuk mengurangi debu.

“Semua sektor harus bergerak bersama untuk menanggulangi masalah ini, pembuatan SK tim khusus untuk menjalankan tugas guna mengantisipasi dampak el Nino, yang anggotanya gabungan dari Pemkab Mesuji, TNI Polri unsur masyarakat, Tagana, Kecamatan dan desa, kita harus mengantisipasi dampak El Nino yang kemungkinan masih panjang,” jelas Sulpakar

Sulpakar meminta Camat gencar melakukan sosialisasi antisipasi kebakaran jangan membakar lahan. Jangan sembarangan membakar sampah dan melakukan tindakan dan pekerjaan yang bisa menyebabkan kebakaran, Camat harus tinggal di kecamatan supaya cepat mengetahui masalah di desa.

Lakukan gerakan bersama masyarakat dan terdokumentasi laporkan ke sekretariat Kabupaten sebagai bentuk laporan dan langkah yang telah di lakukan guna mengatasi dampak El Nino.

“Jangan lupa segera koordinasi dengan perusahaan di wilayah Kecamatan masing masing, supaya pihak perusahaan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap keluhan masyarakat di Kabupaten Mesuji, lakukan pemantauan dan operasi pasar untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok,” tegas Sulpakar

Sarana dan prasarana yang dimiliki, lanjut Sulpakar, memang belum memadai tetapi jangan menyerah segera berdayakan sumberdaya manusia yang ada, ambil langkah untuk menyikapinya, kendaraan tangki air, kendaraan pemadam kebakaran yang ada di setiap perusahaan di pinjamkan kepada Pemerintah Daerah guna kesiap siagaan menghadapi selama cuaca El Nino ini.

“Jika memungkinkan kendaraan tangki air yang ada di Pemerintah Provinsi kita pinjam, segera buatkan surat pinjamannya, selain itu diperlukan peran serta pihak swasta dan perusahaan bersama Pemerintah menyikapi masalah El Nino, mohon kepada perusahaan untuk memberikan perhatian kepada masyarakat di sekitar perusahaan dalam penyediaan air bersih, saat inilah kehadiran perusahaan di tengah tengah masyarakat sangat di butuhkan dan di harapkan, karena masyarakat bener bener membutuhkan air bersih,” tambah Sulpakar.

Nantinya tim harus turun ditengah tengah masyarakat lakukan tindakan preventif sebelum masalah muncul, sosialisasi perannya sangat besar di masyarakat guna mencegah bencana yang akan terjadi, dengan terbentuknya tim ini kerja kita akan terjadwal terutama pada titik titik yang rawan supaya memperkecil dampak bencana yang terjadi.

Selain itu, OPD terkait juga koordinasikan ke perusahaan karena mereka memiliki kewajiban untuk berperan serta membantu dan mensejahterakan masyarakat, Dinas PUPR segera cari sumber air yang bisa di manfaatkan untuk mengantisipasi persediaan air bersih.

“Saya yakin dengan kerja kita bersama kita pasti mampu menanggulangi dampak El Nino di Kabupaten Mesuji, dan kita akan terus saling ber koordinasi sebagai laporan dan bukti langkah kerja yang telah kita lakukan,” tutup sulpakar

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Kabupaten Mesuji, Kajari Mesuji, Kapolres Mesuji, Danlanud Astra Kasetra, Dandim 0426 Tukang Bawang atau yang mewakili, Staf Ahli, Asisten dan Kepala OPD Sekabupaten Mesuji, Camat Sekabupaten Mesuji dan tamu undangan. (W9-Nan)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.