Perayaan Hari Disabilitas Internasional dan HKSN, Riana Sari Arinal Resmikan Gedung Sekretariat PKDL

 

Riana Sari Arinal memeluk dan mencium salah satu anak penyandang disabilitas. (foto : ist)

Lampung Selatan, Warta9.com – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal meresmikan Gedung Sekretariat Persatuan Komunitas Disabilitas Lampung (PKDL)) di Desa Sabah Balau, Kabupaten Lampung Selatan, Jumat (22/12/2023).

Peresmian bersamaan dengan acara perayaan Hari Disabilitas Internasional dan Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023.

Riana Sari Arinal yang juga merupakan Ketua PKDL didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung melakukan pengguntingan pita sebagai simbol peresmian Gedung Persatuan Komunitas Disabilitas Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya, Riana Sari mengucapkan selamat atas diresmikannya Gedung Sekeretsriat PKDL. “Semoga dengan diresmikannya kantor ini, dapat meningkatkan kinerja PKDL dalam memperjuangkan hak-hak penyandang disabilitas di Provinsi Lampung,” ujar Riana Sari.

Seperti diketahui, Peringatan Hari Disabilitas Internasional setiap tanggal 3 Desember, sedangkan Hari Kesetiakawanan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Desember.
Riana Sari menjelaskan, bahwa peringatan ini sebagai salah satu bentuk kepedulian dan memperkuat solidaritas dalam meletakan dasar perlindungan yang kuat bagi penyandang disabilitas agar berperan dan berkontribusi aktif di tengah masyarakat.

Riana Sari menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan peringatan HDI dan HKSN ini juga sebagai salah satu bentuk konkret hadirnya Pemerintah Provinsi Lampung di tengah masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Hal tersebut juga sesuai dengan Misi Pemerintah Provinsi Lampung yaitu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan, dan penyandang disabilitas.

Dalam laporannya, Kadis Sosial Aswarodi mengatakan peringatan HDI dan HKSN dapat dimanfaatkan untuk menciptakan hubungan yang lebih erat antar sesama anggota masyarakat.

Aswarodi menyampaikan, peresmian ini menandakan mulainya operasional Kantor Sekretariat Persatuan PKDL Provinsi Lampung.

Aswarodi menjelaskan bahwa pada puncak peringatan HDI dan HKSN Tajun 2023 Tingkat Provinsi Lampung juga akan dibagikan bantuan dari Pemerintah Provinsi Lampung dan diberikan secara simbolis oleh Ketua PKDL Provinsi Lampung didampingi Kepala Dinas Sosial.

Bantuan yang diberikan antara lain bantuan dana rehabilitasi Kantor untuk tiga LKS yaitu, LKS Sinar Jati, LKS Sabilun Najah, dan LKS Srikandi. Mereka masing-masing menerima bantuan dana sebesar Rp75 juta. Sedangkan untuk LKS Sinar Jati, diberikan 1 Unit Sepeda Motor, serta UEP Steam Motor.

Selanjutnya diberikan bantuan 2 unit kaki palsu, dua unit kursi roda, serta terdapat tiga bantuan biaya pendampingan pengobatan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dalam kesempatan ini pula Ketua PKDL Riana Sari membagikan 200 paket sembako kepada masyarakat yang hadir di lokasi Sekretariat PKDL Provinsi Lampung.

Pada kesempatan itu juga,
Ibu Riana memberikan dua penghargaan kepada masarakat yang memiliki kepedulian serta loyalitas terhadap penyandang disabilitas.

Dua penghargaan tersebut diberikan kepada Susanto sebagai pelatih anak-anak penyandang disabilitas dan Indrayati atas dedikasi dan loyalitasnya sebagai guru pengajar melukis dan mendongeng bagi anak-anak penyandsng disabilitas.

Dalam kegiatan ini ada beberapa penampilan tari Kreasi Wonderland dari Komunitas Rara, Tari Kreasi dari Potads, dan Pordila. Pula terdapat penampilan solo song oleh Vira dan Fakhira Qisya Azzahra. (W9-jm)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.