oleh

Peringati Hari Batik Nasional, Ketua Dekranasda Lampung Tinjau Pameran Batik di Kemiling

Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari Arinal meninjau pameran batik Lampung di Kemiling. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com -Memperingati Hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober 2021, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Hj. Riana Sari Arinal mengunjungi mini Exhibition (pameran) batik Lampung. Pameran batik diselenggarakan oleh 10 UMKM Batik se-Provinsi Lampung di TK Sari Teladan Langkapura Kemiling Bandarlampung, Sabtu (2/10/2021).

Kegiatan mini Exhibition ini diadakan oleh Perkumpulan Perajin Pengusaha dan Batik Lampung (P3BL).

Riana Sari sangat peduli dengan pengrajin Batik Lampung. Sebagai bentuk kepeduliannya, Ketua Dekranasda Lampung memberi wadah untuk mempromosikan dan mengembangkan batik Lampung dengan membuka Galeri Lamban Batik Lampung.

Karena itu, Riana Sari mengapresiasi mini Exhibition yang dilaksanakan oleh para perajin dan pengusaha batik Lampung.

Hari Batik Nasional merupakan hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada tanggal 2 Oktober 2009 oleh UNESCO, yaitu badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang mengakui secara resmi batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Riana Sari didampingi Ketua Perkumpulan Perajin dan Pengusaha Batik Lampung, Hj. Laila Al Khusna, berkesempatan melihat secara langsung produk-produk batik yang digelar oleh 10 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Batik dari Kabupten/Kota di Lampung.

Ketua Dekranasda Riana Sari berharap agar kerajinan Batik Lampung dapat terus berkembang dan lebih dikenal luas oleh masyarakat yang tentunya bermuara pada peningkatan kesejahteraan perajin dan pengusaha Batik.

“Tentunya saya ingin semua perajin-perajin Batik di Provinsi Lampung ini meningkatkan kualitasnya, selalu berinovasi sehingga batik-batik yang ada di provinsi Lampung ini yang dikerjakan oleh para perajin-perajin asli dari Lampung ini bisa di gemari atau disenangi dan dibeli oleh masyarakat yang ada diluar Lampung,” harap Riana Sari.

Sementara itu, Ketua P3BL Hj. Laila Al Husna mengucapkan terimakasih atas kunjungan Ketua Dekranasda Lampung Ibu Riana Sari Arinal. Pengrajin batik yang mempunyai galeri di Beringin Raya Kemiling ini mengatakan, perhatian Ketua Dekranasda Lampung Ibu Riana Sari terhadap perajin batik sangat besar. “Terimakasih telah mengunjungi mini exshibition yang diselenggarakan oleh UMKM Batik. Semoga dengan bimbingan Ibu Riana Sari batik Lampung bisa bersaing di tingkat menasional dan berjaya,” ujar Laila. (W9-jam).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed