Pj Bupati bersama Kak Wari Hijaukan Kembali Kabupaten Lahat

Lahat, Warta9.com – Penjabat (Pj) Bupati Lahat Muhammad Farid, S.STP.,M.Si menanam bibit buah Nengkadak di tepian pinggir Ayek Lematang Bendungan Kecamatan Lahat yang merupakan destinasi wisata di kabupaten itu, Jumat (12/01/2024).

Pj Bupati bersama putra daerah Kabupaten Lahat H. Saifudin Aswari Riva’i yang merupakan mantan Bupati dua periode tahun 2008-2018, saat ini menjabat anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan Dapil 7 fraksi Partai Gerindra.

Bacaan Lainnya

H. Saifudin Aswari Riva’i yang akrab di sapa Kak Wari mengajak seluruh masyarakat agar dapat bersama-sama untuk menjaga lingkungan tetap hijau walaupun Kabupaten Lahat dikenal dengan daerah pertambangan.

Dalam kegiatannya, Kak Wari memberikan sejumlah bibit Buah Nengkada kepada Pj Bupati Lahat untuk di tanam di pinggiran tepian ayek Lematang Bendungan. Dan Kak Wari juga menghibahkan tanahnya untuk dapat meningkatkan pembangunan di tepian pinggir ayek Lematang Bendungan.

Pj Bupati Lahat menyampaikan hari ini dirinya bersama Forkopimda dan tokoh masyarakat Kota Lahat dan beberapa unsur elemen masyarakat melaksanan penanaman pohon untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Pak Aswari merupakan pemimpin Kabupaten Lahat selama 2 periode sudah memberikan pemanfaatan luar biasa kepada kelestarian lingkungan hidup di sepanjang bibir atau sepanjang tepian sungai Lematang Ini,” ucap Farid.

Farid menjelaskan, di zaman kepemimpinan Aswari banyak menorehkan bibit-bibit untuk penghijauan. Hal ini terus dilakukan ke depan menjadi pusat rekreasi pariwisata yang nantinya akan menjadi potensi pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Lahat semakin baik kedepannya.

“Alhamdulillah dimana pak Aswari akan memberikan hibah sebagian tanahnya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat untuk nantinya dilaksanakan pembangunan di daerah tepian Sungai Lematang,” kata Farid.

Menurutnya ini merupakan wujud kecintaan Aswari kepada masyarakat Lahat yang sangat luar biasa untuk membangun fasilitas umum. Hibah itu akan dibangun jalan akses dimana nanti dari jembatan plaza Lematang sampai tepian sungai.

“Nah ini akan mempermudahkan transfortasi masyarakat yang akan berwisata di tepian sungai lematang,” pungkas Farid.

Tokoh Masyarakat Kabupaten Lahat yang akrab disapa Kak Wari mengucapkan apresiasi terhadap Pj Bupati Lahat yang akan meneruskan pembangunan di kabupaten Lahat.”Selama saya memimpin Kabupaten Lahat 10 tahun dengan penuh perencanaan. Generasi berikutnya Pj Bupati Lahat yang akan meneruskan apa yang sudah direncanakan sebelumnya, saya harap Pj Bupati dapat melanjutkan yang ada, memelihara yang ada dan memanfaatkan yang sudah ada,” harapnya.

“Saya secara pribadi sangat mengapresiasi kepada Muhamad Farid atas ketegasannya yang akan melanjutkan pembangunan yang ada, tepian sungai Lematang ini adalah pembangunan di zaman saya, di zaman saya hanya melanjutkan pembangunan dari Bupati sebelum saya. Lebih baik membangun yang ada dari pada kita membangun yang tidak jelas akan penggunaan dan manfaatnya,” tegas Kak Wari

Kak Wari bercerita singkat kepemimpinannya kala itu. Waktu di zaman Bupati sebelumnya Kabupaten Lahat belum adanya jalan lingkar. Di zaman Kak Wari menjadi Bupati, tahun 2008 Lahat mulai membangun jalan lingkar yang kini telah di gunakan masyarakat ataupun dari luar kabupaten.

“Pembangunan jalan lingkar tersebut adalah perencanaan di zaman Bupati Kaprawi Rahim dan Harunata saya hanya melanjutkan perencanaan mereka untuk kabupaten Lahat, Tahun 2007 IUP tambang batu bara sangat ia banyak tapi banyak juga ketakutan saya waktu itu karena akan berdampak panas untuk wilayah kabupaten Lahat,” tuturnya.

Lebih jauh kata Kak Wari, ia tetap menjaga kelestarian lingkungan di wilayah paru-paru Kabupaten Lahat dengan mencanangkan penanaman pohon untuk menjaga penghijauan.

“Saya sangat mengharapkan dengan perencanaan pembangunan di tepian sungai Lematang ini akan memberikan edukasi kepada masyarakat kabupaten Lahat untuk mengajak keluarga berinteraksi bersekala kecil terhadap tempat wisata salah satunya di tepian sungai Lematang ini,” tukasnya. (Agusman)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.