Bupati Winarti Buka Musrenbang-RPJMD Kabupaten Tuba Tahun 2018- 2023

Menggala, Warta9.com – Bupati Tulang Bawang Lampung Hj. Winarti SE, MH, secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tulang Bawang 2018-2023 mendatang, di Lantai II Kantor Bupati Jalan Cemara, Kecamatan Menggala, Kamis (03/05/2018).

Dalam ksempatan itu Bupati Winarti meminta kepada seluruh peserta untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir, sehingga dapat menghasilkan rumusan perencanaan yang bermanfaat bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Untuk diketahui Musrenbang RPJMD ini merupakan bentuk komitmen dan dukungan semua pihak terhadap pembangunan di Kabupaten Tulangbawang sebagai bagian integral dari Provinsi Lampung dan NKRI.

“Pembangunan memerlukan manajemen yang efektif, serta koordinasi dan kerjasama yang solid antar sektor, antar wilayah, dan seluruh pelaku pembangunan kabupaten setempat,” ucap Bupati Winarti.

Apalagi, lanjut Bundan Winarti panggilan akrab Bupati, sejak dengan diberlakukannya undang-undang Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan undang-undang Nomor 23 tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah, sehingga kewenangan daerah dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan menjadi semakin besar dan penting.

“Jadi substansi dan esensi dari sistem perencanaan pembangunan menjadi semakin perlu untuk dimantapkan dan sempurnakan, tidak hanya memenuhi target normatif dan bersifat rutinitas, tetapi harus lebih menjamin penyelenggaraan pembangunan lebih efektif, aspiratif dan akuntabel, serta berlandaskan pada Visi dan Misi Pembangunan Daerah yang telah ditetapkan,” ungkap Bunda.

Dalam pelaksanaan RPJMD, kata dia, merupakan dokumen perencanaan yang disusun Bupati dan Wakil Bupati setelah terpilih dan dilantik pada tanggal 18 Desember 2017. Pembahasan RPJMD menjadi hal yang sangat penting dan strategis dalam upaya mewujudkan Visi Pembangunan ke depan, Kabupaten Tulang Bawang yang Aman, Mandiri, dan Sejahtera.

“Untuk mencapai Visi yang dimaksud, Bupati dan Wakilnya Hendriwansyah, berharap setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus mampu menterjemahkan program pembangunan pada dokumen RPJMD dan Rencana Strategis satuan kerja OPD.

Karena dalam kerangka penyusunan RPJMD ada beberapa hal yang harus diperhatikan. “Seperti Misi, dan Program Prioritas yang menjadi agenda pemerintahan, ” jelasnya.

Pada kesempatan itu, dihadiri Pj. Sekdakab Ir. Anthoni MM, Ketua berikut sejumlah anggota DPRD, Forkopimda plus dan seluruh Camat maupun Kepala OPD.

Selain itu, hadir pula Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung, yang diwakili Sekretaris Bappeda Provinsi Elvira dan Bayu selaku narasumber asal Itera Lampung. (W9-Wan)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.