oleh

Dengan Kreasi, Pemuda Bentengi Diri dari Narkoba

Naim Emel Prahana membagi ilmu dan pengalaman kepada pemuda agar terhindar dari pengaruh narkoba. (foto : ist)

Lampung Timur, Warta9.com – Pendiri Granat dan BNK Kota Metro mengajak para remaja di Lampung Timur untuk berkreasi memantapkan cita-cita sebagai upaya membentengi diri terhadap penyalahgunaan narkoba yang kian hari jumlah korbannya semakin banyak.

Hal itu disampaikan Naim Emel Prahana dalam kegiatan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Lampung Timur yang dilaksanakan, Sabtu (4/9/2021) bertempat di Pondok dan Cafe Salma Sukadana.

Kali ini berdasarkan Surat BNN Lampung Timur No B/241/IX/ka/cm.00/2021/BNNK-LTM tanggal 2 September 2021 tokoh yang sangat peduli terhadap pemberantasan narkoba, Naim Emel Prahana mengusung materi “Produktivitas Remaja Kreasi dan memantapkan Cita—cita”

Dalam dialog interaktif, Naim meminta kepada remaja peserta kegiatan BNN Lampung Timur yang terdiri dari pelajar SMP, agar mempedomani 10 langkah efektif melawan pengaruh buruk narkoba pada remaja. “Jadi, adik-adik harus menunjukkan kemampuan untuk berkreasi,” jelas dia.

Diuraikan oleh Naim bahwa berkreasi itu memiliki minimal 10 kunci utama, yaitu Jangan Suka Menunda Pekerjaan, Jangan Mengeluh, Tidak Malas, Berteman Dengan Orang, Tuliskan Cita—Cita Di Kertas, Teguh Pendirian, Berpikir Positif, Percaya Diri, Luruskan Niat dan Berdoa dan Berserah Diri.“Dengan modal itu jika dijalankan, niscaya keberhasilan akan dicapai dengan baik,” tambah bang Naim panggilan akrabnya itu.

Keberhasilan cita-cita itu tidak harus kaya raya, menjadi bupati atau walikota. Akan tetapi, menjadi diri sendiri dan memberi manfaat kepada orang lain merupakan suatu keberhasilan.

Tentu saja 10 kunci tadi harus dilatih agar terbiasa, misalnya jangan suka menunda pekerjaan atau bermalas-malasan mengerjakan sesuatu. “Orang berhasil dengan dengan tingkatannya banyak dipengaruhi keinginan dan jatidiri yang kuat walau hidup di tengah masyarakat yang kebanyakan berperilaku buruk,” tegas bang Naim.

Jadi, lanjut bang Naim dalam dialog tersebut bahwa cita-cita itu harus selalu dimintakan doa dan berserah diri kepada Allah SWT. “Jangan lupa mengingat Sang pencipta alam semesta itu,” ujarnya lagi. Dalam kesempatan itu bang Naim sangat bangga kepada remaja pelajar SMP di Lampung Timur yang dalam waktu singkat dapat menciptakan syair yel-yel anti narkoba.

“Itu merupakan kreasi dan lanjutkan untuk dikembangkan,” harap bang Naim.
Lalu, bang Naim yang juga merupakan tokoh pendiri Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Metro, juga siap membimbing pelajar SMP atau remaja di Lampung Timur untuk berkreasi seperti, menulis esay, puisi, cerpen, naskah drama sampai kepada mengolah suatu organisasi. “Ini bukan slogan, tetapi benar-benar nyata yang bila adik-adik tekuni akan memberi manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain,” ujar bang Naim.

Narkoba dapat dilawan bahkan dibenamkan ke dalam perut bumi apabila pemuda memiliki kekuatan jati diri (identitas) yang tidak mudah goyah oleh pengaruh apapun. “Rajinlah membaca, dengan membaca adik-adik akan memiliki ilmu yang lebih banyakdan luas,” tambah bang Naim. (W9-jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed